Kompas.com - 19/04/2013, 10:49 WIB
EditorI Made Asdhiana

BULIK, KOMPAS.com - Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, memiliki potensi yang sangat besar di bidang pariwisata, seni dan budaya. Hal itu terlihat di setiap kecamatan dan desa yang ada.

"Potensi yang dimiliki Kabupaten Lamandau sangat besar, antara seni dan budaya tidak dapat dipisahkan dan ini akan menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Lamandau," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, Albert Jackat, di Lamandau, Kamis (18/4/2013).

Menurut Jackat, potensi seni dan budaya yang dimiliki kabupaten lamandau terlihat dari adat istiadat yang diwariskan secara turun temurun, dimana seni dan budaya ini sering dijumpai pada acara- acara adat, seperti acara bagondang, maupun acara menyambut para tamu, maupun acara adat yang lainnya.

Acara adat ini juga terus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Pemerintah juga terus menggali berbagai budaya yang  telah lama hilang sehingga bisa dipelajari oleh generasi muda dan dikembangkan kembali sehingga budaya tersebut akan tetap ada.

"Nilai seni budaya tergambar dari rumah-rumah tua yang masih ada, kalau kita mungkin itu hanya sebuah rumah yang ada di daerah kita dan sudah biasa kita temui, namun bagi para turis atau wisatawan itu rumah tersebut memiliki nilai yang tidak terhingga," katanya.

Selain seni budaya yang dimiliki, lanjut Jackat, Kabupaten Lamandau juga memiliki wisata sungai, dimana wisata sungai ini terdapat di Bulik timur, Belantikan Raya, dan Kecamatan Delang, dimana wisata sungai ini sangat menjanjikan bagi para wisatawan maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau.

Sungai Lamandau yang berada didaerah hulu memiliki riam yang sangat menarik. Selain itu di daerah aliran sungai ini memiliki hutan tropis. "Ini sangat mendukung dan menjadi daya tarik untuk wisata sungai," katanya.

Jackat menambahkan, untuk wisata sungai akan dibentuk suatu kelompok yang sadar wisata, di mana kelompok ini akan mengelola berbagai kegiatan dalam wisata sungai, sehingga apa yang diinginkan pemerintah, agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke Kabupaten Lamandau segera terwujud.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.