Kompas.com - 27/04/2013, 14:48 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sebagian orang memiliki hobi yang sama kemudian membentuk sebuah komunitas, seperti Traveler Kaskus. Komunitas ini terbentuk karena kesukaan yang sama yakni traveling.

"Kita awalnya kaskuser, kopdar-kopdar akhirnya terbentuk komunitas," papar salah satu anggota Traveler Kaskus, Suci, saat ditemui di sela-sela pameran Kompas Travel Mart, Jumat (26/4/2013).

Kini, para anggota traveler kaskus tak hanya berkomunikasi lewat forum kaskus, juga lewat twitter juga facebook yang telah memiliki banyak teman dan follower.

Suci pun melanjutkan, dalam melakukan perjalanan, tak terbatas oleh anggota komunitas saja. Bahkan, sering ada anak-anak yang ikut dalam perjalanan. "Siapa pun bisa ikut trip kita," ujarnya.

"Prinsipnya kita cost sharing, kita nggak boleh ada yang jualan sama sekali. Setiap orang bisa jalan. Nggak harus jauh dan nggak harus mahal," kata Suci.

Untuk kegiatan sendiri, Traveler Kaskus pernah mengadakan amazing race, yakni Jakarta Historical Race. Dalam kegiatan tersebut, perjalanan dilakukan dengan menjawab petunjuk untuk sampai ke lokasi tertentu.

Setelah sampai tempat yang dimaksud, biasanya diadakan permainan untuk para peserta. Permainan yang dibuat biasanya  berhubungan dengan traveling atau sejarah. "Permainan yang kita buat itu biasanya traveling banget atau sejarah banget. Misal cara memasang tenda," katanya.

Intinya, tambah Suci, dalam melakukan perjalanan dengan mengetahui sejarah tempat tersebut, yakni mengajak generasi muda untuk mengenali kotanya sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.