Kompas.com - 01/05/2013, 09:14 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta membidik wisatawan ASEAN yang dinilai paling potensial karena selama ini turis dari negara-negara di kawasan regional tersebut paling banyak berkunjung ke DIY.

"Wisatawan asal negara-negara di ASEAN yang selama ini banyak berkunjung ke daerah kita di antaranya dari Thailand, Malaysia dan Singapura," kata Ketua Asita DIY, Edwin Ismedi Himna, di Yogyakarta, Rabu (1/5/2013).

Menurut Edwin, terus meningkatnya kunjungan wisatawan dari tiga negara tersebut salah satunya karena jaraknya tidak jauh dan relatif mudah dijangkau menggunakan penerbangan langsung dari masing-masing negara. "Penerbangan langsung dari Singapura-Yogyakarta, Malaysia-Yogyakarta berpengaruh banyak pada tingkat kunjungan wisatawan ke daerah ini," katanya.

Edwin mengatakan, upaya yang akan dilakukan Asita DIY untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dengan menggelar lebih banyak acara pada "Jogja Travel Mart 2013" yang diselenggarakan tanggal 3 hingga 5 Mei 2013. "Dalam acara itu akan dihadiri 130 buyers, antara lain dari Malaysia, Thailand, Singapura, Australia, India, Jepang, Korea dan Rusia," katanya.

Menurut Edwin, kegiatan yang djadwalkan berlangsung di Jogja Expo Center tersebut akan diikuti pula oleh 55 buyers dari dalam negeri. "Pasar domestik pariwisata masih cukup besar dan potensial bagi daerah kita," katanya.

Para peserta ekspo nantinya akan diajak menikmati sejumlah obyek wisata di Yogyakarta antara lain Lava Tour Merapi, Malioboro, Kraton Yogyakarta dan Borobudur.

"Selama 2012 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mencapai 2,4 juta orang. Dari jumlah itu, 190.000 di antaranya wisatawan mancanegara. Jumlah itu lebih tinggi 18 persen dibanding pada 2011," tambah Edwin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.