Ingin Menyantap Kare Torpedo? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 15/05/2013, 08:33 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SURABAYA, KOMPAS.com - Surabaya memang gudangnya menu makanan dengan nama unik. Selain terkenal dengan beragam nama nasi bebek, di Kota Pahlawan ini juga menu makanan Kare Torpedo. Menu makanan berkuah dengan lauk bagian tubuh tertentu dari sapi atau kambing khas Kecamatan Kedamaian, Gresik.

Torpedo yang dimaksud bukanlah salah satu jenis senjata kapal selam untuk perang, melainkan istilah paling mudah dan dianggap paling sopan untuk menyebut testis sapi atau kambing. "Karena bentuknya menyerupai torpedo, ya kita sebut torpedo, ternyata istilah itu terkenal," kata Sumari, penjual Kare Torpedo, Rabu (17/4/2013).

Sebenarnya, menurut Sumari, menu kare itu tidak hanya menyediakan torpedo sebagai salah satu lauk kuah karenya. Dia juga menyediakan berbagai macam jenis bagian tubuh sapi atau kambing lainnya seperti daging, otak, usus, limpa, babat, hati, mata, hingga kleponan atau tempat kandungan. "Tapi yang paling laris dan terkenal ya torpedo," jelasnya.

Meski namanya tidak asing di kalangan pecinta kuliner, warung penjual kare torpedo lumayan sulit ditemukan, karena tempatnya berada di gang sempit bernama "Rizki" sentra PKL di antara Jalan Embong Wungu dan Jalan Embong Sawo, Surabaya.

Untuk satu porsi kare torpedo dihargai Rp 12.000 dengan satu item lauk sepotong bagian tubuh sapi atau kambing. Jika ingin tambah satu potong bagian lain, pembeli cukup menambah Rp 7.000 per potongnya. Namun hati-hati bagi yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau kencing manis, karena menu makanan ini baik kuah maupun lauknya banyak mengandung kolesterol.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X