Kompas.com - 16/05/2013, 11:32 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Singapura mendapatkan kontribusi besar dari sektor pelancong bisnis dan MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition). Menurut data dari Singapore Tourism Board (STB), wisatawan bisnis dan MICE yang datang ke Singapura mencapai 3,2 juta pada tahun 2011.

"Angka ini menunjukkan kenaikan 2,6 persen dibanding tahun 2010. Di sembilan bulan pertama tahun 2012, kunjungan bisnis dan MICE mencapai 2,5 juta," kata Regional Director of ASEAN (Islands) and Oceania, Singapore Tourism Board, Kenneth Lim, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/5/2013).

Menurut Lim, Indonesia merupakan penyumbang wisatawan terbanyak yang melakukan kunjungan ke. Singapura. Sebesar 35 persen wisatawan Indonesia datang ke Singapura untuk tujuan bisnis dan MICE.

Pengeluaran dari para wisatawan bisnis dan MICE di Singapura di sembilan bulan pertama tahun 2013 sendiri mengalami peningkatan 7 persen dari tahun ke tahun atau sekitar 4,29 miliar dolar Singapura. "Jadi MICE memberikan kontribusi penting bagi pariwisata Singapura," kata Lim.

Salah satu aktivitas MICE di Singapura yang menyasar pasar Indonesia di tahun 2012 adalah acara "Travel Rave" dan sektor incentive group. Acara "Travel Rave" semacam festival pariwisata Asia. Dalam acara ini, pelaku-pelaku industri pariwisata dari Indonesia juga diundang untuk berbagi pengetahuan.

"Sedangkan incentive, banyak perusahaan Indonesia yang melakukan program incentive di Singapura misalnya untuk top seller (penjual terbaik) atau jaringan dealer mereka. Mereka pilih Singapura. Singapura masih menjadi destinasi yang populer untuk incentive," jelas Lim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.