Reporter KompasTV Capai Puncak Lobuche Nepal - Kompas.com

Reporter KompasTV Capai Puncak Lobuche Nepal

Kompas.com - 18/05/2013, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Reporter KompasTV Bima Prasena yang bergabung dengan Tim Wanadri, berhasil menapak puncak Timur Gunung Lobuche (6119 M) bersama dua orang sherpa Ang DawaSherpa dan Ningma Sherpa. Gunung Lobuche adalah salah satu gunung es di jajaran pegunungan Himalaya,Nepal.

Bima yang ikut dalam ekspedisi untuk mengenang summiters pertama Richard Bass dalam mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di dunia, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dan KompasTV.

Pencapaian dengan berjalan kaki dan proses aklimatisasi menuju Everest Basecamp yang berlangsung selama 12 hari juga terkendala oleh hujan salju lebat. Tim Kompas TV mendapatkan jendela cuaca yang baik untuk melakukan pendakian puncak.

Para pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Everest biasanya menjadikan daerah ini sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Istilah Tujuh Puncak Tertinggi di Dunia (The Seven Summits of the World) diperkenalkan pendaki Richard Bass tahun 1980-an. Tujuh puncak gunung tersebut antara lain, Puncak Jaya atau Cartenz Pyramid di wilayah Australia-Oceania dengan ketinggian 4.884 meter, Kilimanjaro di Afrika (5.895 m), Elbrus di Eropa (5.642 m), Vinson Massif di Antartika (4.892 m),Mckinley di Amerika Utara (6.194 m), Aconcagua di Amerika Selatan (6.962 m), dan Everest di Asia (8.850 m).

Hingga saat ini, tidak lebih dari 120 orang dari 35 negara yang berhasil meraih predikat Seven Summiters.

Dari Indonesia yang berhasil membawa nama harum Indonesia adalah Tim Wanadri Bandung dan kelompok pencinta alam Mahitala Universitas Parahiyangan(Unpar), Bandung.

 

 

 


EditorTjahja Gunawan Diredja

Close Ads X