Kompas.com - 28/05/2013, 19:44 WIB
EditorI Made Asdhiana

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar Festival Layangan Tradisional (Layang Tunang) yang diikuti ratusan peserta dalam rangka memeriahkan HUT ke-808 Kota Banda Aceh.

Panitia penyelenggara Festival Layang Tunang, Zainiddin di Banda Aceh, Senin (27/5/2013), mengatakan, peserta  festival tersebut tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. "Festival layang tunang yang dilaksanakan di persawahan Desa Pango Deah pada tahun ini pesertanya mencapai 280 lebih, kalau tahun lalu hanya 90 peserta," katanya.

Menurut Zainiddin, kegiatan lomba layang tunang telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk melestarikan permainan tradisional. "Pemenang lomba layang tunang pada tahun ini memperebutkan hadiah uang tunai dan tropi dari Pemerintah Kota," katanya.

Permainan layang tunang merupakan tradisi masyarakat Aceh terutama petani yang dilaksanakan sebelum masa tanam dan setelah musim panen.

Selain di Kota Banda Aceh permainan tradisional yang juga disebut adu layang itu telah menjadi daya tarik wisata di berbagai kabupaten/kota lainnya di Provinsi Aceh dan sering diperlombakan pada acara tertentu seperti peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perlombaan layang tunang sejak beberapa tahun terakhir juga dilaksanakan pada festival kesenian, adat dan budaya tingkat Provinsi. Kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik wisata Kota Banda Aceh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.