Kuliner Indonesia Mampu Menarik Turis Asing

Kompas.com - 06/06/2013, 19:12 WIB
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Urusan kuliner mulai dari makanan itu sendiri sampai budaya dan tata cara makan di Indonesia, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman). Hal tersebut diungkapkan Gastronomist Indonesia Prof. Murdijati Dardjito di Jakarta, Selasa (4/6/2013).

"Seperti Gunungan di Yogyakarta, selalu jadi daya tarik bagi wisman. Ini perlu diorganisir dengan baik dan informasi mengenai tradisi Gunungan bisa sampai ke turis dengan benar, maksimal filosofinya," jelas Murdijati.

Di kalangan masyarakat, lanjut Murdijati, ada tradisi membawa oleh-oleh. Menurutnya, tradisi oleh-oleh sarat dengan konsep pariwisata.

"Orang makan enak harus ingat orang rumah. Ini cara menghormati orang tua, membawakan oleh-oleh," katanya.

Selain itu tradisi berkaitan makanan lainnya di Indonesia begitu unik dan layak menjadi daya tarik bagi wisatawan. Contoh saja seperti tradisi mengirim tumpeng biru.

"Ini dikirim ke seseorang. Yang mendapat kiriman harus meminta maaf ke pengirim. Kalau tidak, tidak bisa tidur. Karena artinya si penerima punya salah. Lauknya tujuh macam, ini juga ada filosofinya," ungkap Murdijati.

Ia mengungkapkan makanan-makanan Indonesia begitu eksotis dan menunggu untuk dieksplorasi. Belum lagi teknik memasak yang sangat beragam dan bisa dipertunjukan kepada wisatawan.

"Kita punya teknik pembuatan lemang dengan bambu. Atau pepes dengan daun pisang. Di Papua ada teknik masak bakar batu," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sumber daya manusia yang handal sangat diperlukan untuk menampilkan keunggulan kuliner Indonesia. Menurutnya, Indonesia perlu sumber daya manusia yang bisa menghidangkan dan memasak kuliner nusantara.

"Makanan asli Indonesia, bukannya masakan Barat atau oriental yang malah dipelajari di sekolah pariwisata. Kita perlu melahirkan gastronomis handal untuk mengeksplorasi kuliner Indonesia," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X