Kompas.com - 01/07/2013, 13:58 WIB
EditorAti Kamil
TANGALOOMA, KOMPAS.com -- Kalau hendak berlibur ke Australia, khususnya Queensland, boleh Anda menjajal Tangalooma di Moreton Island, Queensland sebagai tujuan. Kawasan itu memiliki banyak sarana wisata luar ruang, baik yang berbayar maupun gratis.

Atas undangan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, yang akan membuka kembali rute Jakarta-Denpasar-Brisbane (31 Juli 2013) dan Brisbane-Denpasar-Jakarta (1 Agutus 2013), serta Tourism and Events Queensland, Kompas.com dalam rombongan pewarta dari Jakarta berkesempatan mencicipi jalan-jalan ke Tangalooma pada pertengahan April 2013. Karena waktu yang disediakan hanya dari 14 April petang hingga 15 April sore, sebagian kecil saja sarana wisata di sana yang bisa dinikmati oleh rombongan.

Tangalooma berada di bagian barat Moreton Island, pulau yang terletak di Moreton Bay, di bagian timur Queensland. Beriklim subtropis, Moreton Island bersuhu 22-30 derajat Celsius pada siang hari musim panas hingga 12-22 derajat Celsius pada siang hari musim dingin.

Disebut oleh situs resmi Tangalooma, tangalooma.com, untuk mencapai Tangalooma, Anda bisa menumpang catamaran semacam feri, dari Holt Street Wharf (Dermaga Holt Street), Pinkenba, Brisbane. Di Tangalooma, catamaran berlabuh di Tangalooma Jetty (Dermaga Tangalooma). Perjalanan 40 kilometer dari Brisbane membelah Moreton Bay tersebut memakan waktu kira-kira 75 menit.

Setiap hari ada tiga jadwal perjalanan pergi-pulang dan ada jadwal-jadwal tambahan untuk Sabtu, Minggu, dan Senin. Ongkos pergi-pulang 80 dollar Australia untuk tiap orang dewasa, 45 dollar Australia untuk tiap anak berusia 3-14 tahun, dan gratis untuk tiap anak berumur hingga dua tahun. Harga tersebut berlaku hingga 31 Maret 2014 untuk para tamu tempat menginap Tangalooma Island Resort.

Tangalooma Island Resort terletak di tepi pantai, di pinggir Moreton Island National Park. Bagi mereka yang menginap di resor itu, pihak resor tersebut juga menyediakan aneka sarana wisata, baik yang berbayar maupun yang gratis. Yang berbayar, antara lain, memberi makan malam ikan kecil kepada lumba-lumba liar di pantai, di bawah arahan para petugas Dolphin Care; ATV Quad Bike Tour di pantai dan bukit rendah; dan sand tobogganing alias sand boarding atau meluncur dengan menggunakan papan, dari puncak ke bagian bawah bukit pasir di Sand Toboggan. Yang gratis, sebut saja, bermain bola basket dan berenang di kolam renang resor itu.

Nikmati kegiatan luar ruang
Tiba di Tangalooma pada petang hari, sebelum check in di resor tersebut, rombongan langsung mendapat kesempatan untuk memberi makan kepada lumba-lumba liar di Dolphin Lodge di depan resor itu. Seorang petugas Dolphin Care sebelumnya memberi pengarahan. Misalnya, mengenai keharusan mencuci tangan dengan air bersih khusus yang disediakan dalam ember sebelum memberi makan, larangan beralas kaki dan mengambil gambar dengan bantuan sinar lampu kamera, dan posisi tangan ketika memberi makan.

Setiap lumba-lumba yang datang memiliki identitas, termasuk nama dan usia. Contohnya, Echo, lumba-lumba berusia 20 tahun, yang diberi makanan oleh rombongan pewarta dari Jakarta. Data mengenai lumba-lumba di sana ada di Dolphin Centre. Tangalooma memang merupakan kawasan perlindungan bagi berbagai jenis fauna, sebut saja lumba-lumba dan penyu.

Esok paginya, sesudah sarapan di Tursiops Buffet Raestaurant, salah satu tempat bersantap dalam lingkungan Tangalooma Island Resort, rombongan diajak menjajal ATV Quad Bike Tour di pantai dan bukit rendah di bagian depan resor tersebut. Tarifnya, 58 dollar Australia per orang untuk sekali keliling. Jika Anda menambahnya dengan berkeliling untuk kali kedua, tarif kedua 40 dollar Australia. Selanjutnya, tarif ketiga juga 40 dollar Australia. Jika belum puas, Anda bisa berkeliling untuk kali keempat tanpa membayar lagi alias gratis.

Sehabis itu, sebelum bersantap siang dalam lingkungan resor yang sama, rombongan dijamu dengan sand tobogganing alias sand boarding atau meluncur dengan menggunakan papan, dari puncak ke bagian bawah bukit pasir di Sand Toboggan. Paket wisata selama kira-kira satu setengah jam itu bertarif 38 dollar Australia untuk tiap orang dewasa dan 20 dollar Australia untuk tiap anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.