Kompas.com - 16/07/2013, 11:24 WIB
Salah satu kamar di Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta. DOK DAFAM HOTELSSalah satu kamar di Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Istidjab Danunagoro, mengatakan sebagian hotel di Yogyakarta pada awal Ramadhan ini memberikan potongan tarif atau diskon sebagai upaya mengantisipasi sepinya tamu yang menginap di hotel.

"Seperti tahun sebelumnya, pada awal Ramadhan banyak hotel di Yogyakarta mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap. Penurunan jumlah tamu ini sudah biasa terjadi setiap tahun. Namun, untuk penurunan jumlah tamu pada awal Ramadhan tahun ini tidak seperti tahun lalu, karena saat itu masih dalam suasana masa libur sekolah," kata Istidjab di Yogyakarta, Senin (15/7/2013).

Istidjab mengatakan sepinya tamu hotel pada awal Ramadhan tahun ini sudah diprediksi sejak awal. Namun, sepinya tamu kali ini tidak terlalu jauh dibanding tahun sebelumnya. "Sebab, pada saat itu masih masa libur, jadi beberapa rombongan keluarga masih banyak yang menginap di Yogyakarta," katanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, menurut Istidjab, PHRI DIY berharap pengelola hotel melakukan beberapa terobosan. Paling tidak, efisiensi penggunaan listrik dan air bersih, sehingga biaya produksi bisa ditekan.

"Banyak juga manajemen hotel yang memberikan diskon khusus untuk mendorong okupansi hotel tidak terlalu rendah. Selain itu, dengan memberikan Paket Ramadhan berupa buka puasa di hotel dengan harga khusus," kata Istidjab yang juga General Manager Quality Hotel Yogyakarta ini.

Istidjab optimistis pada masa libur Lebaran nanti, hotel di Yogyakarta masih akan penuh oleh kunjungan tamu yang menginap. "Daya tarik wisata Yogyakarta tidak akan habis. Selain daerah ini dinilai aman dan nyaman, obyek wisatanya melimpah dan beragam," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X