Kompas.com - 29/07/2013, 14:06 WIB
Danau Toba terlihat dari Pulau Samosir, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2011). Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Danau hasil volcano tektonik terbesar di dunia, dengan panjang danau 87 kilometer dan lebar 27 kilometer, terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) yang terjadi sekitar 75 ribu tahun lalu. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATDanau Toba terlihat dari Pulau Samosir, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2011). Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Danau hasil volcano tektonik terbesar di dunia, dengan panjang danau 87 kilometer dan lebar 27 kilometer, terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) yang terjadi sekitar 75 ribu tahun lalu.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencananya, di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, akan dikembangkan sebuah taman bumi atau geopark. Hal ini cocok untuk pengembangan wisata minat khusus.

“Letusan Gunung Toba ratusan ribu tahun yang lalu membuat dunia berubah. Ini sedang kita persiapkan secara ilmiah untuk menjadikan Geopark Toba. Etalasenya sedang kita persiapkan dan akan dibangun di Samosir," kata Bupati Samosir, Mangindar Simbolon saat ditemui di Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Walaupun Danau Toba memiliki potensi wisata yang begitu besar, menurut Mangindar, kurangnya acara wisata membuat potensi tersebut kurang berkembang. Untuk itulah, tutur Mangindar, diadakan Festival Danau Toba sebagai penarik minat wisatawan.

Mangindar menjelaskan penginapan sebagai pendukung pariwisata pun sudah tersedia di kawasan Danau Toba. Berbagai penginapan ada di masing-masing kabupaten di sekitar Danau Toba. Tidak hanya hotel di sekitar Danau Toba, akomodasi di Medan, pun kini sudah menjamur.

Selain itu, lanjut Mangindar, dengan adanya bandara baru yaitu Bandara Internasional Kualanamu, diharapkan bisa meningkatkan potensi wisata Danau Toba. Sebab bandara ini dipandang dapat menjadi pintu gerbang Indonesia bagian barat untuk wisatawan domestik dan internasional.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X