Kompas.com - 16/08/2013, 08:58 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menyediakan bus tingkat sebagai transportasi wisata di Jakarta untuk mempermudah warga atau turis melakukan perjalanan wisata di ibu kota.

"Untuk mempermudah warga maupun turis berwisata, berkeliling kota Jakarta, kita akan menyediakan transportasi wisata berupa bus tingkat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok di Balai Kota, Kamis (15/8/2013).

Sebagai permulaan, menurut Ahok, Pemprov DKI telah lebih dulu memesan sebanyak lima unit bus tingkat. "Pak Gubernur sudah memesan lima bus tingkat yang rencananya sudah tiba di Jakarta bulan Oktober atau November tahun ini. Totalnya semua ada 14 bus yang akan dipesan," ujar Ahok.

Ahok menuturkan harga bus tingkat jauh lebih murah dibandingkan harga bus TransJakarta. Harga bus tingkat, lanjut dia, adalah Rp 2 miliar per unit, sedangkan bus TransJakarta mencapai Rp 4 miliar per unit.

"Karena kita sudah memesan lima terlebih dahulu, jadi totalnya Rp 10 miliar. Kalau untuk bahan bakar, kemungkinan akan pakai Bahan Bakar Gas (BBG)," tutur Ahok.

Ahok menambahkan bus pariwisata yang akan dicat dengan warna-warna cerah itu nantinya akan melintasi rute Blok M-Monumen Nasional (Monas)-Kota Tua-Gajah Mada-Hayam Wuruk-Juanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.