Kompas.com - 22/08/2013, 09:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

LAOS, KOMPAS.com - Air terjun Kuang Si adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi dan populer bagi wisatawan di Luang Prabang, Laos. Letaknya sekitar 30 km dari kota Luang Prabang. Turis biasanya memakai Tuk Tuk atau semacam taksi bentor di Laos. Bila ingin lebih eksklusif, bisa juga memesan mobil minivan melalui travel agent di kawasan Luang Prabang.

Perjalanan menuju air terjun Kuang Si memakan waktu sekitar 1 jam.  Sepanjang perjalanan para turis disuguhi pemandangan pegunungan yang luas. Dengan jalan yang berliku dan Tuk Tuk yang terbuka, udara segar menyeruak dari perbukitan yang asri.

Tiket masuk air terjun Kuang Si adalah 20.000 Kip atau setara dengan Rp 25.000. Dari pintu masuk berjalan kaki sekitar 15 menit ke area air terjun Kuang Si.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Aksi turis di air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.

Air terjun paling bawah adalah air terjun yang paling kecil. Airnya terasa segar dan bersih. Dari jauh tampak warna cokelat kebiruan. Di sini para turis diperbolehkan berenang. Bisa juga uji nyali dengan melakukan lompat bebas dari ketinggian sekitar 10 meter.  

Jangan khawatir, pengelola kawasan menyediakan ruangan ganti pakaian bagi turis yang ingin berenang dan membersihkan diri. Bila tidak ingin berenang, turis bisa hanya sekadar duduk–duduk di pinggir aliran air sambil menikmati pemandangan.

Naik lagi ke atas, tampak air terjun yang paling tinggi. Turis bisa menikmati percikan air terjun yang jatuh, sambil berendam kaki, dan menikmati alunan suara air yang mengalir.

Bila memiliki jiwa berpetualang, turis bisa trekking atau jalan menyusuri area perbukitan di area air terjun Kuang Si. Perjalanan mengitari keliling bukit sampai ke puncak bukit. Biasanya dapat dilalui sekitar 4 jam perjalanan.

Turis di air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.

Saat Kompas.com telusuri, medannya tidaklah terlalu berat dalam artian tidak terlalu tinggi menanjak. Patut diperhatikan adalah cuaca. Bila musim hujan tanahnya akan sangat licin dan rawan tergelincir.

Selain keindahannya, satu hal yang patut dikagumi dari air terjun Kuang Si adalah kebersihannya sangat terjaga. Di dalam area air terjun tidak ada sampah sedikit pun, termasuk sampah makanan dan plastik. Para turis domestik maupun asing sangat menjaga kebersihan air terjun dan sekitarnya.

Selain bersih dari sampah, area air terjun juga bersih dari para penjual makanan dan suvenir, baik penjual kaki lima maupun toko. Para penjual secara teratur berjualan di depan pintu gerbang masuk air terjun Kuang Si yang jauh dari area air terjun.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.