Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Kalandula di Agola, Keindahan Berbalut Kesakralan

Kompas.com - 08/04/2024, 10:10 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN TRAVEL

KOMPAS.com - Air Terjun Kalandula di Angola telah menjadi salah satu keajaiban alam yang menakjubkan. Dengan lebar 400 meter dan ketinggian 100 meter, air terjun ini akan membuat terpesona siapa pun yang mengunjunginya. 

Air Terjun Kalandula terletak sekitar 400 kilometer sebelah timur ibukota Angola, Luanda, di Provinsi Malanje. Tempat ini secara tradisional diyakini sebagai air terjun yang sakral. 

Melansir CNNTravel, Jumat (5/02/2024) Air terjun ini memiliki sejarah spiritual yang kaya. Dahulu, tempat ini digunakan untuk melakukan ritual dan meminta kesejahteraan, kesehatan, dan kemakmuran bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Angola Keluar dari OPEC, Tak Mampu Penuhi Kuota Produksi Minyak

Untuk mencapai pengalaman penuh dari keajaiban alam ini, pengunjung harus menuruni jalan setapak yang curam dan berbatu yang akan membawa mereka ke bawah.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mendaki di sepanjang bagian Sungai Lucala yang mengaliri Kalandula. Namun, pengalaman yang didapatkan nilainya jauh lebih besar dari usaha yang dikeluarkan.

Keindahan yang belum terlalu dikenal

Meskipun Air Terjun Kalandula merupakan harta karun tersembunyi di Angola, sayangnya belum dipromosikan secara besar-besaran sebagai tujuan wisata. 

Hanya ada satu jalan utama yang menghubungkan daerah tersebut dengan Luanda, dan banyak bagian jalan yang penuh dengan lubang atau bagian yang rusak.

Baca juga: Berlian Pink 170 Karat Ditemukan di Angola, Terbesar dalam 300 Tahun Terakhir

Pemerintah setempat berencana untuk meningkatkan infrastruktur di sekitar air terjun ini agar dapat menarik lebih banyak wisatawan. Saat ini, hanya ada satu hotel sederhana di dekat air terjun yang dapat menampung para wisatawan. 

Namun, pemerintah berharap dapat mengembangkan infrastruktur pariwisata di sana untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di tingkat kota.

Air Terjun Kalandula di Angola yang Disakralkan Masyarakat Setempat.WIKIMEDIA COMMONS/L. WILLMS Air Terjun Kalandula di Angola yang Disakralkan Masyarakat Setempat.

Pousada Quedas de Kalandula adalah satu-satunya hotel di daerah tersebut, dan berada tepat di tepi air terjun.

Dari hotel ini, para tamu dapat menikmati pemandangan air terjun yang spektakuler. Meskipun hotel ini sederhana, tetap menjadi tempat yang nyaman bagi para pengunjung.

Baca juga: Angola Dukung Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Dengan potensi yang dimiliki Air Terjun Kalandula, diharapkan keindahan alam ini dapat menjadi daya tarik utama bagi pariwisata di Angola. 

Upaya pengembangan infrastruktur pariwisata yang dilakukan pemerintah setempat juga diharapkan Air Terjun Kalandula dapat menarik lebih banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com