Kreasi Pizza dari Sang Juara Dunia

Kompas.com - 29/08/2013, 09:05 WIB
Pizza Mascarpone KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Pizza Mascarpone
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Pizza sudah menjadi hidangan yang lumrah bagi lidah kebanyakan orang Indonesia. Hidangan khas Italia ini memang begitu mendunia. Sebuah prestasi yang tak banyak dimiliki hidangan khas lainnya di seluruh dunia.

Nah, di Jakarta, tersimpan mutiara yang berkaitan erat dengan pizza, yaitu sosok Chef Oriana Tirabassi. Koki asli Italia ini adalah Pizza World Champion alias juara dunia di bidang pizza.

Dalam ajang kejuaraan pembuatan pizza di tahun 1994 yang bertempat di Caesars Palace Las Vegas, Amerika Serikat, ia keluar menjadi juara dunia. Di ajang bernama Pizza World Championship tersebut, Oriana dinobatkan sebagai perempuan pertama yang memenangkan kejuaraan dunia itu, sebuah dunia yang biasanya didominasi oleh laki-laki.

Sejak saat itu, karirnya terus menanjak dan ia diakui sebagai master chef di bidang de cuisine, pasta, pizza dan breadmaking. Salah satu keterampilan yang menjadi keahliannya adalah acrobatic pizza making.  

Shangri-La Hotel, Jakarta Chef Oriana Tirabassi
Setelah melanglang buana bekerja di restoran dan hotel ternama, serta mendirikan restorannya sendiri, Chef Oriana Tirabassi menjadi koki di restoran Rosso yang berada di Hotel Shangri-La, Jakarta, sejak tahun 2011. Pada Juli lalu, ia membuat promo selama sebulan penuh sesuai keahliannya, yaitu pizza. Ia menyiapkan pizza klasik maupun kreasinya sendiri.

Tamu bisa menikmati pizza klasik seperti Margherita yang selalu tampil sederhana namun menyegarkan. Pizza ini diberi isian keju mozarella dari kerbau, daun basil, tomat, dan disiram minyak zaitun. Pizza klasik lainnya yang bisa dicicipi adalah Calzone yang sudah pasti berisikan jamur dan ham.

Ada pula Quattro Formaggi yang menitikberatkan pada cita rasa keju. Keju seperti mozzarella, fontina, taleggio, provolone, gorgonzola, ricotta, mascarpone, dan parmesan, memenuhi lapisan tipis pizza.

Untuk pizza kreasi Chef Oriana, ia membaginya dalam dua jenis yaitu bianche dan rosse. Bianche atau saus putih, jika dimaksudkan untuk pizza, maka artinya merupakan pizza yang tak menggunakan saus tomat. Warnanya cenderung putih karena hanya menggunakan lelehan keju mozzarella yang banyak.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pizza Estiva
Sebaliknya, pizza rosse merupakan pizza dengan saus merah. Saus berwarna merah ini didapat dari pasta tomat. Selain pizza klasik dan pizza kreasi Chef Oriana, ada pula pizza manis atau Sweet Pizza untuk hidangan penutup.

Untuk pizza bianche, coba cicipi pizza Estiva yang secara tampilan seperti kebun sayur nan menyegarkan. Jagung, potongan tomat, dan daun arugula yang biasa dipakai untuk salad.  

Sayur-sayuran ini memberikan tekstur renyah dan menyegarkan, tambahan lagi dipadu dengan krim, keju parmesan, dan udang. Sekilas warna dominan merah dari tomat, hijau dari daun arugula, dan putih dari krim, mengingatkan pada bendera kebangsaan Italia.

Sedangkan pizza rosse, pilihan jatuh pada Mascarpone. Kekuatan cita rasa asin pada keju gorgonzola, keju pecorino, dan keju mascarpone yang berpadu apik dengan asamnya saus tomat. Sebagai tambahan penghentak rasa adalah cabai. Isian lainnya adalah terung yang dibakar, saus pesto, daun basil, dan ham.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Apple Strudle
Sebagai penutup, pizza manis yang bisa dipilih adalah Apple Strudle. Seperti hidangan strudle pada umumnya, sajian ini kue berlapis yang diberi isian. Paling klasik adalah strudle dengan isian apel. Sebagai penambah cita rasa strudel apel ditaburi kacang walnut, bubuk kayu manis, krim, saus vanila, serta gelato dari kacang pistachio.

Walau promo ini sudah lewat, Anda masih bisa menikmati aneka pizza kreasi Oriana. Pizza klasik seperti Margherita, Napolitana, Capriciossa, dan Marinara bisa Anda nikmati di Rosso dengan harga mulai dari Rp 220.000. Sedangkan pilihan gourmet pizza antara lain Italian Cold Cut, Seafood Pizza, dan Quatro Formaggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X