Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Daftar Air Mancur Terbaik di Dunia, Ada Dancing Fountain TMII

Kompas.com - 08/04/2024, 14:31 WIB
Krisda Tiofani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dancing fountain Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masuk daftar air mancur terbaik di dunia.

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com pada Senin (8/4/2024), Tirta Cerita TMII berada di urutan tengah dalam daftar berisi lima dancing fountain terbaik dunia.

Atraksi wisata yang terkenal di dunia ini menampilkan semburan air dengan pola indah, diiringi musik dan pertunjukan cahaya menawan.

Baca juga: Air Mancur Menari di TMII Bisa Dinikmati Gratis Setiap Hari

5 air mancur terbaik di dunia

Selengkapnya, simak lima daftar pertunjukan air mancur terbaik di dunia yang telah Kompas.com rangkum berikut ini.

1. Spectra Light and Water Show, Marina Bay Sands, Singapura

Air mancur di Singapura ini menampilkan gerakan air, cahaya, grafis, pertunjukan laser, lengkap dengan latar suara dan musik yang menawan.

Atraksi yang ditunggu-tunggu wisatawan Singapura ini menceritakan perjalanan sejumlah masyarakat multikultural hingga menjadi kota kosmopolitan di Singapura. Cerita itu dikemas dengan visual yang menggambarkan metaforis kehidupan sosial Singapura.

Baca juga: Transit di Singapura Bisa Sewa Sepeda Gratis ke Marina Bay

Air mancur akan menari sesuai dengan musik orkestra orisinil yang disusun langsung  oleh produser dan komposer musik Singapura, Kenn C, dengan gabungan teknologi visual menarik.

2. West Lake Musical Fountain, Hangzhou, China

Lokasi air mancur di China berada tepat di Grand Hyatt Hotel. Termasuk salah satu landmark budaya di Hangzhou, sekaligus air mancur terpopuler.

West Lake Musical Fountain, Hangzhou, China.WIKIMEDIA COMMONS/HERMANN LUYKEN West Lake Musical Fountain, Hangzhou, China.

Pertunjukan air mancur yang dimulai setiap pukul 19.30 waktu setempat ini menampilkan keindahan Danau Barat Hangzhou.

Baca juga: Wisatawan Indonesia Bebas Visa ke Hainan di China

Meski sempat ditutup pada 2020 untuk perbaikan, West Lake Musical Fountain kembali dibuka pada Juli 2023.

3. Tirta Cerita, TMII, Indonesia

Lokasi air mancur di TMII ini berada di Danau Archipelago, yang merupakan miniatur kepulauan Indonesia.

Dancing fountain atau air mancur Tirta Cerita, TMII, Indonesia.DOK. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dancing fountain atau air mancur Tirta Cerita, TMII, Indonesia.

Air mancur di Indonesia ini baru diresmikan pada 1 September 2023 dan bisa dilihat setiap  hari pukul 18.45 WIB. Pengunjung bisa menikmati aransemen musik dan video mapping dengan atraksi dari 300 drone.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, TMII di Jakarta Akan Gelar 8 Program

Tirta Cerita juga menampilkan delapan cerita rakyat melalui teknologi waterscreen, yakni Si Kancil dan Buaya, Keong Emas, Roro Jonggrang, Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, Lutung Kasarung, Malin Kundang, dan AndeAnde Lumut.

Aktivitas Lebaran di TMII juga semakin seru dengan program Jelajah Seru Lebaran selama 8-15 April 2024 pukul 18.45 WIB.

Ada bazar kuliner nusantara, pesta seni dan budaya, serta air mancur menari Tirta Cerita yang hadir untuk menemani libur Lebaran.

4. Disney Illuminated Fountain Show, Longwood Gardens, Amerika Serikat

Pertunjukan air mancur bercahaya ini menampilkan musik dari berbagai genre, seperti klasik, rock, hingga lagu bertema Disney. Durasi pertunjukan air mancur menari di Amerika Serikat ini berlangsung sekitar 15-30 menit. 

Baca juga: Air di Kolam Trevi Fountain di Roma Berubah Jadi Hitam, Ini Sebabnya

5. The Dubai Fountain, Dubai, Uni Emirat Arab

Terakhir, ada air mancur menari di Dubai yang dikenal sebagai dancing fountain terbesar di dunia. Lokasinya di Danau Burj Khalifa di pusat pengembangan Downtown Dubai.

Tujuh member EXO menyaksikan atraksi air mancur di Dubai Fountain yang menampilkan lagu Power pada Januari 2018.Instagram/EXO Tujuh member EXO menyaksikan atraksi air mancur di Dubai Fountain yang menampilkan lagu Power pada Januari 2018.

Tidak hanya ukurannya, arsitektur The Dubai Fountain juga indah. Ada 6.600 lampu dengan panjang air mancur 275 meter dan tinggi 152,4 meter.

Baca juga: 8 Fakta Unik Dubai di Uni Emirat Arab, Banyak Pecahkan Rekor Dunia

Pertunjukan air mancur menari ini dibarengi dengan alunan musik klasik dan kontemporer, lengkap dengan pertunjukan koreografi unik dan cahaya yang memukau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com