Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Indonesia Bebas Visa ke Hainan di China

Kompas.com - 12/03/2024, 18:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan nasional asal Indonesia sudah bisa mengunjungi Provinsi Hainan di China secara bebas visa sejak awal Februari 2024, tepatnya Jumat (9/2/2024).

Selain warga negara Indonesia, warga negara dari 58 negara lainnya juga diizinkan masuk Hainan tanpa visa selama 30 hari untuk keperluan bisnis, kunjungan keluarga, pengobatan, pameran, dan olahraga. 

Baca juga: Hainan Airlines Buka Penerbangan Non-stop Haikou-Osaka

Adapun bebas visa tersebut tidak untuk tujuan bekerja dan studi.

"Pembukaan alasan bebas visa untuk masuk Hainan tidak hanya membuat perjalanan antara kedua wilayah lebih mudah, tetapi juga membentuk 'jembatan kebijakan' yang kokoh untuk pertukaran ekonomi, pariwisata, dan budaya antara kedua wilayah," jelas seorang agen perjalanan dari Indonesia, Hassan lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (7/3/2024).

Adapun penjelasan soal bebas visa juga dijelaskan pada Acara Promosi dan Pertukaran Budaya Pariwisata Hainan di Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Dihadiri 120 undangan, Acara Promosi dan Pertukaran Budaya Pariwisata Hainan menjadi momen pertukaran budaya dan pariwisata pertama di Indonesia yang diadakan oleh sejumlah provinsi di China tahun ini.

Pada acara yang sama, diumumkan pula 10 rute wisata yang bisa dipilih tergantung minat dan lama tinggal wisatawan, antara lain Hainan Cuisine dan Romantic Island.

Baca juga:

Sekilas tentang Provinsi Hainan

Ilustrasi berselancar di Hainan, China.Dok. Unsplash/Fei Chao Ilustrasi berselancar di Hainan, China.

Sebagai informasi, saat ini wisatawan nasional asal Indonesia bisa mengunjungi Hainan dengan menumpangi pesawat carter. 

Di pulau yang berada di titik paling selatan China ini, wisatawan bisa mengunjungi berbagai wilayah, antara lain Sanya, Wanning, Wenchang, Changjiang, Haikou, dan Danzhou. 

Beberapa kegiatan berwisata yang bisa dilakukan, di antaranya mengunjungi ladang garam, menjajal aneka water sports, berselancar, menjelajahi taman hiburan untuk keluarga, mengunjungi museum, bersantai di tepi pantai, dan berwisata kuliner. 

Sebagai informasi, Hainan memiliki iklim tropis dengan lanskap perairan dan pegunungan. 

Provinsi ini merupakan rumah dari kelompok adat Han, Li, Miao, dan Hui yang kebudayaannya masih bisa dieksplor hingga saat ini.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com