Kompas.com - 06/09/2013, 19:31 WIB
Turis asing turut menari dan mengenakan ulos dalam pementasan di Museum Hutabolon Simanindo di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (22/10/2010). Pemerintah Sumatera Utara berusaha meningkatkan kunjungan turis, salah satunya dengan menggelar Pesta Danau Toba 2010 yang berlangsung pada 20-24 November 2010. TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA Turis asing turut menari dan mengenakan ulos dalam pementasan di Museum Hutabolon Simanindo di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (22/10/2010). Pemerintah Sumatera Utara berusaha meningkatkan kunjungan turis, salah satunya dengan menggelar Pesta Danau Toba 2010 yang berlangsung pada 20-24 November 2010.
EditorI Made Asdhiana
MEDAN, KOMPAS.com - Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan seluruh hotel dan penginapan di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara, penuh menjelang penyelenggaraan Festival Danau Toba pada 8-14 September 2013.

"Terkait penginapan agak khawatir juga karena semua hotel sudah penuh," kata Mangindar yang juga menjadi Ketua Umum Festival Danau Toba 2013 di Medan, Jumat (6/9/2013).

Menurut Mangindar, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada Festival Danau Toba, pihaknya menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menyewakan rumah atau bangunan lainnya sebagai homestay atau tempat tinggal sementara.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) atau lembaga adat di Samosir untuk menyewakan kantornya sebagai tempat tinggal pengunjung selama penyelenggaraan Festival Danau Toba.

Kemudian, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kodam I Bukit Barisan untuk meminjamkan tenda-tenda yang dipasang di sekitar lokasi penyelenggaraan festival yang akan digunakan untuk menginap atau mengganti baju bagi seniman dan atlet atau peserta lomba yang memeriahkan kegiatan budaya dan pariwisata tersebut.

Tenda-tenda itu akan dilengkapi dengan kamar mandi dan sanitasi lainnya sehingga menjadi layak untuk menjadi tempat tinggal selama selama penyelenggaraan Festival Danau Toba 2013.

"Jadi, seniman dan atlet itu tidak perlu berdesak-desakan di hotel yang telah penuh," kata Mangindar Simbolon.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.