Ragam Atraksi Wisata Ditawarkan di Ende

Kompas.com - 23/11/2013, 11:32 WIB
Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARIDanau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
|
EditorI Made Asdhiana
ENDE, KOMPAS.com — Sekretaris Ditjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), I Gusti Ngurah Putra, mengatakan, Danau Kelimutu yang ada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, adalah sebuah mahakarya Tuhan.

"Destinasi ini (Danau Kelimutu) adalah mahakarya Tuhan yang mahabesar. Keunikan itu bukan hanya keajaiban tiga warnanya, melainkan juga keindahan alam di sekeliling danau," ujar Ngurah Putra saat ditemui di sela-sela pembukaan Festival Danau Kelimutu di Ende, Jumat (22/11/2013) malam.

Oleh karena itu, lanjutnya, nama Kelimutu pun dimunculkan sebagai ikon festival dalam hajatan akbar masyarakat Ende.

Dalam sambutan pembukaan, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Sukadamai Doa Sebastianus, mengungkapkan, Ende punya banyak daya tarik wisata yang unggul. "Gunung, pantai, masyarakat adat, semuanya ada," katanya.

"Ende juga mengembangkan tenun ikat berbagai motif dan makanan lokal bervariasi," tambah Sebastian.

Ditemui kesempatan berbeda, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Ende Marmi Kusuma mengatakan, Ende juga menyimpan sejarah. Di sini berdiri situs Bung Karno berupa rumah pengasingan dan tempat perenungan.

KOMPAS/ANTON WISNU NUGROHO Wakil Presiden Boediono melihat patung Bung Karno duduk menghadap laut di bawah pohon sukun seusai peresmiannya di Taman Rendo, Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2013). Di lokasi itu, saat di pengasingan (1934-1938), Bung Karno menemukan nilai-nilai Pancasila. Taman Rendo direvitalisasi arsitek Andra Matin dan perupa Hanafi. Ada sembilan situs Bung Karno lain yang akan direvitalisasi.
"Situs Bung Karno ada pohon sukunnya cabang lima. Di sana sejarahnya lahir Pancasila," kata Marmi.

Melengkapi atraksi daya tarik wisata di Ende, pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Festival Danau Kelimutu. Kegiatan dilangsungkan pada 22-23 November 2013 dengan berpusat di Stadion Marilonga.

Festival yang diagendakan menjadi kegiatan tahunan di Ende tersebut menampilkan lomba pagelaran budaya, atraksi olahraga trekking, dan pameran produk kerajinan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X