Menparekraf Buka Toraja International Festival 2013

Kompas.com - 29/12/2013, 14:07 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu (dua kanan) didampingi Wakil Menteri Parekraf, Sapta Nirwandar (dua kiri) dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (kanan) menarikan tarian Pagellu saat membuka Toraja International Festival 2013 di Kete Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/12/2013).  TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWANMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu (dua kanan) didampingi Wakil Menteri Parekraf, Sapta Nirwandar (dua kiri) dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (kanan) menarikan tarian Pagellu saat membuka Toraja International Festival 2013 di Kete Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/12/2013).
EditorI Made Asdhiana
KETE KESU, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu membuka Toraja Internasional Festival di Kete Kesu, Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. "Ini sebagai awal yang bagus mengangkat Toraja ke mata dunia. Festival ini pertama diselenggarakan dan akan menjadi kalender tahunan di Toraja," kata Mari saat membuka Toraja International Festival, Sabtu (28/12/2013) malam.

Menparekraf menyebutkan, tahun 2014 akan diselenggarakan lagi festival internasional sejenis untuk menjadikan Toraja sebagai tempat pergelaran budaya dan seni berkelas internasional. Selain itu ada tujuh negara yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Ada tujuh negara yang ikut dalam festival ini seperti Zimbabwe, Kanada, Perancis, Kazaktan, Italia, Senegal, Amerika dan Indonesia. Rencana pada Juni 2014 akan dilaksanakan kegiatan serupa," paparnya.

Menurut Mari, kegiatan festival bertujuan mengangkat kembali nama Toraja di mata dunia yang sebelumnya sudah terkenal dengan keindahan alam, kekayaan warisan budaya, adat, dan kuliner. "Kebersamaan kita dan masyarakat mendukung acara ini. Semoga kita terus menjalin kedamaian dan masyarakat mendukung acara ini," katanya.

Toraja International Festival 2013 rencananya akan dilanjutkan di Bumi Perkemahan Bukit Ge'tengan, Kota Makale, Sulawesi Selatan pada World Music Camp Festival, pada tanggal 29-30 Desember 2013.

Beberapa musik khas Indonesia, seperti kolintang asal Sulawesi Utara, rebana Betawi Jakarta, saleum dari Aceh juga ditampilkan di World Camp Music Festival itu. Tari-tarian khas Toraja seperti Manimbong dan Tari Kecak dari Bali juga akan ditampilkan.

ARSIP KEMENPAREKRAF Tarian Toraja
Di Toraja International Festival 2013 juga akan diadakan workshop fotografi, seminar budaya dan workshop seni cukil Toraja, workshop tari pagelu dan musik pompang dari Toraja, dan demo pembuatan Toraja Melo atau Tenun Toraja.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, bersama Menparekraf Mari Elka Pangestu, Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Bupati Toraja Utara memukul gendang secara simbolis dalam pembukaan Toraja Internasional Festival. Sejumlah pengunjung, turis asing dan masyakat lokal terhibur dalam acara tersebut.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X