Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Selatan Jadikan Kalianda Kota Wisata

Kompas.com - 19/02/2014, 11:32 WIB
KALIANDA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) akan menjadikan Kecamatan Kalianda sebagai salah satu kota wisata di daerah tersebut.

Bupati Lampung Selatan, Rycko Menoza SZP di Kalianda, Rabu (19/2/2014), mengatakan Kecamatan Kalianda merupakan ibu kota kabupaten dan memiliki potensi wisata yang cukup lengkap, baik wisata alam pegunungan, wisata bahari, dan wisata budaya sehingga sangat layak menjadi daerah tujuan wisata.

Kemudian, lanjut Rycko, Kalianda memiliki juga obyek wisata menarik berupa pemandian air panas Way Belerang, yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

"Potensi ini patut menjadi perhatian dan kebanggaan kita bersama untuk dikembangkan, selain dapat menarik wisatawan juga dapat menghasilkan pendapatan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Rycko mengatakan, dalam rangka mendukung pembangunan kepariwisataan itu, pemerintah tengah melakukan berbagai pembangunan pendukung untuk mempercantik Kota Kalianda.

"Di antaranya pembangunan hotel yang akan kita padukan dengan pusat pembelanjaan dan fasilitas lainnya sebagai sarana dan prasarana penginapan dan hiburan masyarakat," katanya.

Kemudian, pengembangan wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda, diharapkan menjadi wisata kuliner, sebagai taman santap beraneka ragam makanan hasil laut dan makanan khas daerah.

Selain itu, pembangunan Masjid Agung Kubah Intan yang berada di pusat kota nantinya juga dilengkapi fasilitas rest area dan belanja bagi masyarakat yang mampir di Kota Kalianda karena letaknya di jalan lintas Sumatera.

Pembangunan kawasan ruang terbuka hijau dan taman kota untuk kelestarian lingkungan sekaligus sebagai nafas bumi dan sarana rekreasi masyarakat.

Rycko menambahkan, Kota Kalianda sebagai kota terbersih yang telah beberapa kali mendapat penghargaan Adipura dari Presiden. Karena itu diharapkan penghargaan tersebut dapat dipertahankan, dengan dukungan dari masyarakat dengan membiasakan menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com