Turis India Senang Menginap di Pedesaan Bali

Kompas.com - 28/08/2014, 10:42 WIB
Wisatawan asal Perancis menyempatkan berkunjung di salah satu restoran yang menyuguhkan alam perbukitan dan sawah di Dusun Tabola, Sidemen, Karangasem, Bali. EKA JUNI ARTAWANWisatawan asal Perancis menyempatkan berkunjung di salah satu restoran yang menyuguhkan alam perbukitan dan sawah di Dusun Tabola, Sidemen, Karangasem, Bali.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan India dalam liburannya di Bali lebih senang menginap di hotel-hotel atau vila yang berlokasi di daerah pinggiran sungai atau tebing di daerah pedesaan di kawasan wisata Payangan, Kabupaten Gianyar.

"Banyak pelancong asal India yang menginap di hotel bintang lima yang berada di daerah kawasan wisata Begawan, Payangan 35 Km timur laut Denpasar," kata Ketut Sudarta, seorang petugas hotel yang biasa mengurus kedatangan tamu di wilayah tersebut, Rabu (27/8/2014).

Selain turis asal India yang banyak menginap sambil menyaksikan pemandangan alam yang dilengkapi dengan gemercik air di Sungai Ayung, yang terpanjang di Bali, juga banyak turis asal Korea, Taiwan maupun asal Tiongkok.

Mereka bisa menginap di sini dua atau tiga hari kemudian beralih ke hotel yang ada di daerah pesisir pantai seperti di kawasan wisata Sanur, Nusa Dua atau di perkampungan turis dunia di daerah pantai Kuta, Seminyak maupun di daerah Kerobokan Badung.

"Sangat masuk akal jika turis India semakin banyak datang berlibur ke Pulau Dewata, tentu berkat adanya persamaan budaya yang berlandaskan Agama Hindu, dan ini pula salah satu faktornya," kata Pengamat Pariwisata Bali, Tjokorda Gede Agung dalam kesempatan terpisah.

BARRY KUSUMA Desa Adat Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali.
Secara naluri, manusia berkeinginan mengetahui sesuatu yang ada kesamaan budaya yang didasari perkembangan Agama Hindu antara yang ada di negara asalnya yakni India dengan yang tumbuh dan berkembang di daerah Bali.

Promosi pariwisata yang pernah dilakukan Pemprov Bali ke India, tampaknya sudah memberikan hasil yang cukup menggembirakan sebab mampu menarik minat turis India yang berkunjung ke Bali terus bertambah banyak.

Sesuai laporan Dinas Pariwisata Bali, kedatangkan turis India ke Bali sebanyak 51.584 orang selama Januari-Juli 2014 bertambah hingga 38,57 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2013 yang hanya 37.225 orang.

Lonjakan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal India yang melakukan perjalanan wisata ke Bali sesuai keinginan pemerintah yang berupaya membidik lebih banyak orang-orang kaya yang ada di India untuk datang berlibur ke Bali.

Gede Agung mengatakan, adanya hubungan baik yang ditindaklanjuti dengan kerja sama kebudayaan antara Bali dan India, maka diharapkan akan menambah gairah bagi rakyat yang berpenghasilan tinggi di India datang berlibur ke Pulau Dewata.

The Samaya Ubud Makan malam romantis di Swept Away yang berada di The Samaya Ubud, Bali.
Muncul pusat-pusat kebudayaan India dengan praktek Yoga, serta mendatangkan pelatih dari negeri seberang itu, otomatis akan mampu memberikan informasi tentang budaya Bali setelah mereka kembali ke India.

Sementara masyarakat Bali, juga semakin banyak melakukan perjalanan wisata dengan tujuan utama ke Sungai Gangga di India, akan terjadi komunikasi di antara kedua masyarakat yang menganut paham Hindu.

Adanya saling kunjungan itu diharapkan turis India semakin banyak ke Bali bahkan saat ini peranan India sebagai negara pemasok turis asing ke Bali tercatat 2,47 persen dari seluruh turis asing ke Bali sebanyak 2.089.706 orang selama Januari-Juli 2014.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X