Kompas.com - 25/09/2014, 13:40 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Berbagai hal unik dilakukan untuk dapat melestarikan lingkungan. Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, setiap pasangan calon pengantin yang ingin menikah wajib untuk menanam dua buah pohon. "Satu hal yang tidak dimiliki oleh daerah lain adalah wedding trees atau pohon pengantin. Bibit pohon ini ditanam oleh mempelai yang akan menikah," kata Bupati Lombok Barat Zaini Aroni saat hadir di Festival Senggi.

Zaini mengatakan, bibit pohon ini nantinya akan ditanam oleh calon mempelai di halaman rumah, pinggir jalan maupun beberapa tempat yang telah disiapkan pemda sebagai kawasan hijau.

Menurut Zaini, program pelestarian lingkungan melalui pohon pengantin ini cukup berhasil. Terbukti dalam kurun lima tahun terakhir, Kabupaten Lombok Barat telah mampu menanam 29 juta pohon. Terkait hal ini, Pemkab Lombok Barat telah bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat termasuk TNI/Polri, paguyuban pemuda, pondok pesantren dan para tuan guru untuk ikut serta dalam melestarikan lingkungan.

Selain itu pemda juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk ikut serta melestarikan lingkungan. "Para siswa yang tamat sekolah juga diminta untuk menanam satu pohon," kata Zaini.

Menurut Zaini, Pemkab Lombok Barat memiliki perhatian khusus untuk melestarikan lingkungan. Begitu juga pada perayaan Festival Senggigi 2014 dengan mengangkat tema 'Harmoni Budaya dan Lestari Alam' yang dilaksanakan mulai tanggal 24-27 September 2014 di sepanjang kawasan wisata Senggigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.