Kompas.com - 15/10/2014, 08:25 WIB
Ike mengakui, sebagai mahasiswa internasional, keluwesan bergaul menjadi kunci suksesnya berteman dan menimba ilmu di Belanda. Dia mengatakan, pertemanan dengan mahasiswa internasional di kota itu sangat menyenangkan dan membantunya membuka wawasan.
Dok Pribadi/Ike WidyaningrumIke mengakui, sebagai mahasiswa internasional, keluwesan bergaul menjadi kunci suksesnya berteman dan menimba ilmu di Belanda. Dia mengatakan, pertemanan dengan mahasiswa internasional di kota itu sangat menyenangkan dan membantunya membuka wawasan.
|
EditorI Made Asdhiana

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain dibuai keindahannya untuk berwisata, negara-negara di Eropa kerap kali menjadi tujuan-tujuan pelajar dari Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Kualitas pendidikan yang dianggap baik menjadi salah satu alasannya.

“Saat ini ada banyak pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Inggris. Tiap tahunnya kami menjaring 700 pelajar asal Indonesia dan tiap tahunnya pasti meningkat. Kalau diakumulasikan dengan negara-negara di Eropa lainnya jumlahnya mencapai ribuan,” ungkap Acting Ambassador Inggris, Rebecca Ravazi saat Konferensi Pers Destination Europe kepada pada Kompas Travel, Senin (13/10/2014).

Menurut Rebecca, universitas-universitas terkena di Eropa yang telah melahirkan banyak orang sukses masih menjadi alasan kuat ketertarikan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di Eropa. Beberapa negara di Eropa yang menjadi tujuan pendidikan di antaranya, Inggris, Jerman, Belanda, Italia, Denmark dan Finlandia.

streets.mn Kopenhagen, Denmark.

“Hampir di setiap negara di Eropa memiliki universitas ternama yang kualitas pendidikannya tentu terjamin,” sambung Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Olof Skoog.

Bahkan, menurut Olof, Eropa menyelenggarakan agenda untuk mempromosikan pendidikan dan info beasiswa tiap tahunnya di Indonesia. Dari sana, ia melihat antusias para pelajar Indonesia yang sedemikian besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.