Kompas.com - 19/12/2014, 16:32 WIB
Durian Sumatera KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIHDurian Sumatera
|
EditorI Made Asdhiana
BENGKULU, KOMPAS.com — Musim buah durian tiba di Bengkulu. Banyak masyarakat yang membeli buah berduri dan berdaging manis legit ini, tetapi tidak sedikit pula yang tak suka dengan aromanya. Walau demikian, ada tips aneh yang terbukti dapat menghilangkan baunya yang tajam itu.

Irna, salah seorang pedagang durian di Desa Bajak, Kabupaten Bengkulu Tengah, memberikan kiat agar aroma durian hilang dari tangan, yakni mencuci tangan sambil memejamkan mata.

"Bau durian kadang mengganggu orang yang tak suka. Nah, kalau mau menghilangkan baunya, coba cuci tangan sambil pejamkan mata, dijamin baunya langsung hilang dari tangan kamu," kata Irna.

Awalnya, Kompas.com tak percaya. Sedikit ragu,perintah Ibu Irna mencuci tangan di sebuah ember berisi air sambil memejamkan mata pun akhirnya dicoba. Ajaib, bau durian di tangan serta-merta hilang. Pengunjung lain pun memperoleh hasil yang sama setelah mencuci tangan sambil terpejam.

KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Buah durian di Bengkulu.
Irna menyebutkan, metode ini ia dapatkan secara tak sengaja saat matanya kelilipan ketika sedang membuat tempoyak. Saat itu, ia serta-merta mencuci tangannya dalam kondisi mata terpejam. Irna lalu terkejut saat tangannya kemudian tidak lagi beraroma durian.

Sementara itu, sebagian warga Bengkulu menyebutkan bahwa cara tersebut telah lama diketahui oleh masyarakat secara-temurun.

Selain persoalan bau, durian yang dimakan juga bisa menyisakan suhu panas pada tubuh. Untuk mengatasi hal ini, warga meyakini, panas tubuh tak akan bertambah jika kita minum air dengan menggunakan kulit durian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X