Kompas.com - 28/12/2014, 16:08 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Sebuah desa di Spanyol menjadi terkenal setelah seluruh rumah di desa ini dicat warna biru dalam rangka mempromosikan film Smurf di tahun 2011. Desa bernama Juzcar itu kini rencananya akan menjadi rumah bagi taman wisata bertemakan Smurf pertama di dunia.

Desa yang masih kental dengan tradisi Andalusia tersebut tadinya memiliki rumah-rumah berdinding warna putih. Tetapi penduduk setempat setuju merubahnya jadi biru dalam rangka mempromsikan peluncuran film The Smurfs in 3D.

Pihak Sony yang merilis film tersebut terlibat dalam mencat semua rumah di desa itu menjadi biru. Namun, hal tersebut malah membuat desa tersebut menjadi destinasi wisata. Ramainya wisatawan yang datang membuat penduduk desa sepakat mempertahankan warna cat biru di rumah mereka.

Alamy Rumah-rumah di desa Juzcar, Spanyol, berwarna biru, dalam rangka mempromosikan film Smurf di 2011. Hingga kini, rumah-rumah itu tetap berwarna biru.
Desa Juzcar akan mendapatkan investasi sekitar 37 juta poundsterling (sekitar Rp 718 trilun) untuk mendirikan taman wisata bertemakan Smurf. Setelah berubah warna jadi biru, desa ini telah berhasil memikat kunjungan wisatawan lebih dari 200.000 turis. Taman wisata tersebut pun dibuat karena melihat animo masyarakat terhadap desa ini.

Pejabat setempat mengatakan taman wisata tersebut akan menciptakan 200 lapangan kerja di daerah tersebut. Pihak dinas pariwisata setempat berharap dengan adanya taman wisata tersebut bisa mendatangkan pendapatan hingga 11 juta poundsterling (sekitar Rp 213 triliun) per tahun untuk daerah tersebut. Taman wisata tersebut ditargetkan untuk pengunjung keluarga dengan anak-anak usia dua sampai 12 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.