Kompas.com - 23/01/2015, 17:05 WIB
Para pria mengikuti tradisi Pasola, perang di atas kuda di Desa Ratenggaro, Sumba, NTT, 22 Maret 2014. Pasola dirayakan untuk menyambut masa panen. Biasa dilakukan untuk memulai masa tanam. AFP PHOTO / ROMEO GACADPara pria mengikuti tradisi Pasola, perang di atas kuda di Desa Ratenggaro, Sumba, NTT, 22 Maret 2014. Pasola dirayakan untuk menyambut masa panen. Biasa dilakukan untuk memulai masa tanam.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Satu minggu setelah bulan purnama di bulan Februari atau Maret, beberapa kampung adat di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, menyelenggarakan ritual perang adat Pasola (Pasola War). Di daerah Sumba, Pasola diadakan di desa-desa yang memiliki kampung adat. Seperti, di daerah Kecamatan Kodi, Wanokaka, Lamboya, dan Gaura. Berikut ini jadwal Pasola yang akan diadakan di daerah Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Di Kecamatan Kodi: Desa Homba Kalayo (10 Februari 2015), Desa Bondo Kawango ( 13 Februari 2015), Desa Rara Winyo (14 Februari 2015). Sedangkan di Kecamatan Kodi Balaghar:  Desa Maliti Bondo Ate ( 11 Maret 2015), Desa Wai Ha (13 Maret 2015), Wainyapu ( 14 Maret 2015).

Pasola sendiri adalah ritual perang adat masyarakat Sumba. Ritual perang adat ini dilakukan di atas kuda yang sedang berlari dengan menggunakan senjata tongkat kayu yang disebut sola. Sola dalam bahasa Sumba adalah tongkat kayu yang digunakan untuk mengendalikan kuda. Sehingga “pasola” berarti perang sola yang dilakukan sambil berkuda. (Sigit Wahyu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.