Kompas.com - 31/01/2015, 11:37 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Bila Anda mengadakan perjalanan ke Eropa, hal paling utama yang harus diingat adalah soal waktu. Di Eropa, menghargai waktu merupakan tradisi. Tradisi turun-temurun yang diwariskan  hingga kini.  Tradisi ini menjadi kebiasaan rutin yang terpatri di hati sanubari warganya. Ke mana kita pergi, waktu pun menanti.

Ketika meninggalkan Bali menuju Belgia pada tahun 1996, saya menyadari bahwa waktu merupakan hal yang paling penting. Terbiasa dengan "waktu"  membuat saya  mudah beradaptasi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Pada akhir November 2014 hingga awal Januari 2015, saya memperoleh kesempatan mengajar gamelan Bali di empat  kota besar di Eropa yaitu Barcelona, Den Haag, Koln, dan  Paris.  Perjalanan ini saya sebut sebagai Petualangan Ciaaattt (The Adventures of Ciaaattt).

Ciaaattt adalah slogan semangat, di mana sewaktu kecil saya pernah ikut bermain pencak silat. Ucapan tersebut selalu mengingatkan saya di mana pun berada.

MADE AGUS WARDANA Workshop Gamelan Bali di Barcelona
Khusus untuk saya sendiri, Ciaaattt bermakna ekspresi semangat dalam aksi berkesenian. Di facebook, twitter serta youtube saya selalu  menggunakan Ciaaattt. Tujuannya hanya satu, ingin tetap berkesenian di mana pun berada. (https://www.youtube.com/user/agusbelgique)

Saya tinggal di kota Brussel - Belgia, ibu kota Uni Eropa terletak strategis berdekatan dengan kota besar Eropa lainnya. Dalam petualangan ini,  saya berusaha menyusun rencana perjalanan (itinerary), mengurutkan waktu secara kronologis,  praktis, lengkap dengan lokasi, obyek wisata,  akomodasi, transportasi serta menyelipkan suling Bali kesayangan saya.

Barcelona, kota cantik berparas unik

Pada tanggal 28 November 2014, saya melakukan perjalanan ke Barcelona. Penerbangan dari Bandara Internasional Zaventem Brussel menuju bandara Barcelona ditempuh dengan cepat hanya 1,5 jam.

MADE AGUS WARDANA Camp Nou Stadium di Barcelona.
Cuaca saat itu kurang bersahabat, beberapa kali pesawat terguncang turbulence. Penumpang pesawat "cerewet" dengan bahasa mereka masing-masing, ada yang berbahasa Perancis, Inggris, Belanda, Spanyol.

Secara serentak mereka bersorak, "Horeee..!" karena pesawat mendarat mulus di Bandara Barcelona tepat  pukul 11.00. Penerbangan ini menggunakan pesawat Ryanair, Irlandia.  Tiket paket hemat seharga 111,74 euro (92 euro harga promo + optional fee).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.