Kompas.com - 28/02/2015, 15:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menyelenggarakan ajang wisata sejuta pesona Banyuwangi Festival sepanjang tahun 2015 yang sudah mulai diadakan sejak dua tahun yang lalu.

"Banyuwangi Festival tidak hanya digelar untuk mempromosikan pariwisata namun juga untuk memaksimalkan potensi daerah dan memberikan semangat ke masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah," ungkap Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel, Sabtu (28/2/2015). (Baca: Banyuwangi Targetkan Kunjungan 8.000 Turis Tiongkok)

Azwar mengatakan Banyuwangi Festival telah dibuka dengan sebuah gerakan sosial yaitu Festival Toilet Bersih pada 30 Januari 2015 kemudian berlanjut dengan Festival Bedah Rumah pada 18 Februari 2015.

Sejumlah atraksi wisata baru yang akan dihelat selanjutnya di Banyuwangi Festival di antaranya Banyuwangi Ethno Carnival, Green and Recycle Fashion Week, Festival Buah Lokal, Festival Kuliner Sego Tempong, Festival Permainan Anak Tradisional, Banyuwangi Kite Festival, Festival Perkusi dan Lare-Lare Orkestra, dan Kite and Wind Surf Competition.

BARRY KUSUMA Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.
Menurut Anas, sejumlah event yang anyar yang disajikan untuk semakin memperpanjang siklus destinasi (destination life-cycle yang akan menambah jumlah dan lama kunjungan wisatawan di ujung timur Pulau Jawa itu.

"Sekaligus untuk mempromosikan destinasi baru, seperti Pulau Tabuhan yang masih alami. Di sana kami gelar Kite and Wind Surf Competition," ujar bupati yang berumur 41 tahun ini.

Ia optimistis, beragam gelaran itu membetot perhatian wisatawan sekaligus menaikkan pamor komoditas lokal. Pada akhirnya perekonomian masyarakat terus bergerak dinamis yang berukung pada kesejahteraan rakyat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.