Kompas.com - 03/03/2015, 11:32 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS - Negara-negara di Asia, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok, diprediksi akan menjadi tujuan wisata utama masyarakat Indonesia pada tahun ini. Alasannya, biaya liburan ke negara-negara tersebut relatif terjangkau.

Selain itu, ada kemiripan budaya dan bahasa serta pengaruh tren musik bagi anak muda, seperti K-Pop di Korea Selatan dan J-Pop di Jepang.

Retnoastuti Ratih Listyorini, Account Manager Potential Agency Sales PT Garuda Indonesia (Persero), menyampaikan hal itu saat hadir dalam pameran pariwisata Garuda Indonesia-BNI Travel Experience 2015 di atrium mal Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/2/2015).

Meski demikian, tambah Retno, tiket penerbangan ke sejumlah negara lainnya di Eropa dan Australia juga diprediksi diburu masyarakat.

”Untuk wisata dalam negeri, kami memprediksi kunjungan ke Bau-Bau, Nias, Jember, Labuan Bajo, dan Raja Ampat meningkat. Daerah itu banyak dikunjungi turis asing sehingga kemungkinan besar turis lokal juga tertarik ke sana,” ujarnya.

KOMPAS/BRE REDANA Angkutan umum yang menjadi favorit kalangan turis di Pattaya, Thailand.
Pameran wisata itu diselenggarakan pada 26 Februari-1 Maret 2015. Menurut Retno, pada hari pertama penyelenggaraan pameran, pihaknya membukukan transaksi Rp 6 miliar.

Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah wisatawan dari Indonesia yang bepergian ke luar negeri pada triwulan IV-2014 sebanyak 2,12 juta orang. Jumlah ini turun dibandingkan dengan triwulan III-2014 yang sebanyak 2,13 juta orang.

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada triwulan IV-2014 mencapai 2,51 juta orang. Selama di Indonesia, wisatawan asing membelanjakan 2,7 miliar dollar AS.

Salah seorang pengunjung pameran, Rini (40), warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur, saat ditemui Kompas, sedang mengamati paket wisata yang dipasang di papan pengumuman salah satu agen pariwisata. Ibu dua anak itu membawa tumpukan kertas berisi penawaran paket liburan.

”Saya ingin ke Beijing, Tiongkok, karena cukup dekat, harga relatif terjangkau, dan banyak lokasi wisatanya,” katanya.

Rini berencana pergi berlibur pada bulan April saat anak-anaknya liburan sekolah.

KOMPAS/BUDI SUWARNA 'Manusia salju' yang dibangun di area Museum Penjara Abashiri, Hokkaido, Jepang.
Agnes (29) justru tertarik berkunjung ke negara-negara di wilayah Asia. Perempuan yang tinggal di Karawaci, Tangerang, Banten, itu tertarik berkunjung ke Hongkong, Korea, dan Jepang. Agnes beralasan, negara-negara tersebut memiliki kekayaan budaya yang menarik. ”Saya datang ke pameran ini untuk mencari tahu biaya yang dibutuhkan untuk berkunjung ke sana,” ujarnya.

Novi, konsultan perjalanan perusahaan perjalanan Antavaya, mengatakan, dalam tiga hari pameran, sudah sekitar 100 orang yang memesan paket wisata ke Jepang. Yeni, konsultan perjalanan perusahaan perjalanan Bayu Buana, mengatakan, negara-negara di Asia, seperti Jepang dan Korea, masih menjadi tujuan wisata luar negeri utama. (DNA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.