September, Sumsel Gelar Festival Kopi

Kompas.com - 27/04/2015, 17:16 WIB
Biji kopi di Jember, Jatim. SENDY ADITYA SAPUTRABiji kopi di Jember, Jatim.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar festival kopi di Palembang pada September 2015 guna mempromosikan salah satu komoditas andalan daerah tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camlyn Sinaga di Palembang, Senin (27/4/2015), mengatakan, festival kopi itu digelar karena daerah ini merupakan penghasil komoditas kopi.

"Promosi produk kopi khas Sumsel selama ini baik di dalam maupun luar negeri dirasakan masih kurang padahal kualitasnya cukup bagus," ujar dia.

Sumsel memiliki kopi khas antara lain kopi semendo yang aromanya cukup merangsang dan membangkitkan semangat untuk diminum.

"Oleh karena itu Pemprov Sumsel akan mempromosikan lagi keberadaan kopi di daerah ini," katanya.

Mengenai promosi sendiri digelar melalui festival dan saat ini masih dijajaki apakah di dalam ruangan atau di luar gedung. Yang jelas, festival lebih memperkenalkan lagi jenis-jenis kopi yang ada di daerah ini.

Ajang festival kopi ini juga merupakan salah bentuk promosi pariwisata untuk menarik minat dan kunjungan wisatawan nusantara dan manca negara ke Sumatera Selatan.

"Jadi dengan semakin dikenalnya kopi daerah maka harganya akan meningkat, sekaligus memotivasi petani untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas tanaman kopi," ujar dia.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk membangkitkan pertumbuhan industri kecil dan menengah terutama kemasan kopi bubuk.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X