Kompas.com - 19/07/2015, 09:35 WIB
Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - Obyek wisata alam Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, diserbu pengunjung yang mengisi libur hari kedua Lebaran, Sabtu (18/7/2015).

Pengelola wisata Tangkuban Parahu, Ruslan mengatakan, hari kedua Lebaran terjadi peningkatan pengunjung dibandingkan hari sebelumnya.

"Ada lonjakan wisatawan yang datang ke Gunung Tangkuban Parahu ini," kata Ruslan.

Ia menyebutkan jumlah pengunjung hingga Sabtu siang mencapai dua ribuan orang, diprediksi jumlahnya terus bertambah sampai enam ribuan orang.

Menurut dia, tingkat kunjungan ke Tangkuban Parahu selama musim libur Lebaran 1436 hijriyah akan lebih banyak dibandingkan libur Lebaran tahun sebelumnya.

"Saya perkirakan akan ada lonjakan pengunjung saat libur Lebaran tahun ini karena sekarang liburnya lebih panjang," katanya.

Pihak Tangkuban Parahu, kata Ruslan, telah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik seperti pembenahan infrastruktur agar pengunjung nyaman.

Selain itu, lanjut Ruslan, juga memberdayakan masyarakat dalam mengatur lalu lintas di kawasan obyek wisata agar pengunjung dapat mudah mendekati dan melihat kawah Tangkuban Parahu.

"Kami telah siap dengan lonjakan pengunjung ini dan siap memberikan pelayanan agar pengunjung puas dan nyaman," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.