Kompas.com - 27/08/2015, 17:06 WIB
Wisatawan mengunjungi obyek wisata gumuk pasir Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/8/2015). Sebagian wisatawan memanfaatkan gumuk pasir untuk melakukan permainan sandboarding. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoWisatawan mengunjungi obyek wisata gumuk pasir Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/8/2015). Sebagian wisatawan memanfaatkan gumuk pasir untuk melakukan permainan sandboarding.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANTUL, KOMPAS.com - Sensasi meluncur dari atas bukit pasir dengan kemiringan yang cukup curam membuat jantung berdegup. Ketika kedua kaki mulai dikaitkan ke papan seluncur, bersiap untuk mulai meluncur deras. Papan dari bahan multiplek akan mulai membelah pasir.

Olahraga bernama sandboarding ini telah mulai populer di Yogyakarta sejak tahun 2014. Gumuk pasir Parangkusumo terletak sekitar 40 kilometer dari Malioboro, Yogyakarta. Dari gumuk pasir, wisatawan dapat melihat pemandangan Pantai Parangkusumo dan juga menikmati matahari tenggelam.

Salah satu pemandu wisata sandboarding Yogyakarta, Muhammad Fadil Ramadhan mengatakan sanboarding bukan merupakan kegiatan ekstrem dan relatif aman sehingga tua hingga muda bisa melakukan. Ia memberikan tips melakukan sandboarding yang aman dan menyenangkan.

Utamakan keselamatan

Walaupun tidak terkategori olahraga ekstrem, keselamatan adalah tujuan utama dalam berwisata minat khusus. Sebelum bermain sandboarding, jangan lupa siapkan perlengkapan keselamatan seperti helm, pengaman lutut dan tangan, dan jangan lupa gunakan sepatu. Sepatu bermanfaat untuk melindungi kaki dari panas pasir yang terpapar matahari dan juga goresan batu.

Simpan barang berharga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum mulai meluncur, simpan barang-barang berharga seperti cincin, kalung, handphone, jam tangan, dompet, dan barang-barang lain. Hal tersebut menghindari agar barang-barang berharga tidak hilang ketika meluncur di atas pasir.

Percaya diri

Setelah memakai perlengkapan keamanan, selanjutnya adalah meluncur. Untuk mulai meluncur di atas pasir, usahakan agar tetap percaya diri. Rasa percaya diri akan mengurangi ketakutan untuk mulai meluncur.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Sebelum bermain sandboarding, gunakan helm sebagai salah satu faktor keselamatan.

Posisi seimbang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.