Kompas.com - 22/10/2015, 12:52 WIB
Masyarakat Desa Kemiren di Banyuwangi, Jatim, menyuguhkan kopi secara gratis pada Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang digelar Selasa (20/10/2015) malam. KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIMasyarakat Desa Kemiren di Banyuwangi, Jatim, menyuguhkan kopi secara gratis pada Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang digelar Selasa (20/10/2015) malam.
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ribuan orang menghadiri Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang diadakan di Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20/10/2015) malam.

"Sepuluh Ewu" sendiri berarti "sepuluh ribu". Mereka menikmati kopi gratis di sepanjang jalan desa yang telah disulap menjadi ruang tamu.

Bukan hanya menikmati kopi, masyarakat yang datang juga bisa menikmati jajanan khas masyarakat Using seperti tape buntut, lepet dan kue cucur yang di sediakan di meja.

Selain jalan yang di sulap menjadi ruang tamu, yang khas dari acara tersebut adalah cangkir kecil yang digunakan untuk menikmati kopi adalah milik warga yang usianya sudah puluhan tahun.

"Di sini kalau menikah biasanya diberi hadiah cangkir seperti ini. Jadi hampir semua warga sini punya cangkir yang motifnya sama," jelas Mak Dollah kepada KompasTravel sambil menyeduh kopi.

Untuk acara tersebut, ia mengaku menyiapkan satu kilo kopi untuk disajikan kepada masyarakat yang datang. Semuanya ia siapkan dari uang pribadinya "Saya sudah tidak tahu ini gelas keberapa. Ayo silakan di minum. Jajannya juga," katanya sambil tersenyum.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Festival Ngopi Sepuluh Ewu, Selasa (20/10/2015), adalah agenda Banyuwangi Festival untuk mengenalkan potensi kopi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Anne, salah satu pengunjung dari Amerika Serikat kepada KompasTravel mengaku terkejut dengan acara tersebut. Ia sempat berpikir harus membayar kopi segelas kopi dan jajanan yang ia nikmati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak menyangka jika gratis. Kebersamaan dan keikhlasan seperti ini yang tidak saya temukan di daerah lain. Apalagi pengunjungnya sangat banyak. Entah berapa banyak kopi yang dihabiskan malam ini," katanya.

Festival Ngopi Sepuluh Ewu masuk dalam agenda Banyuwangi Festival di tahun ketiga. Banyuwangi sendiri memproduksi rata rata hamipir 9.000 ton kopi per tahun dengan 90 persen jenis robusta dan 10 persen jenis arabika.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.