Kompas.com - 26/11/2015, 08:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Korean Wave dianggap telah berhasil mempromosikan budaya negara Korea di Indonesia. Bentuk-bentuk Korean Wave yakni tayangan drama Korea dan tentunya K-Pop berupa lagu hingga fashion.

“Di kalangan remaja, budaya K-Pop telah digandrungi remaja dan musik Korea juga disukai,” kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Judhariksawan dalam sambutan acara Seminar “Cultural Exchange in Broadcasting between Indonesia and Korea 2015” di The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Rabu (25/11/2015).

Ia mengatakan jika upaya mengenalkan budaya yang dilakukan oleh Korea lewat tayangan tersebut merupakan langkah strategis yang telah dilakukan.

Judhariksawan menyebutkan banyak program-program Korea yang ditayangkan di Indonesia.

“Harapannya, dengan keberhasilan K-Pop kita bisa belajar tentang strategi (mempromosikan) budaya K-Pop,” ungkapnya.

Akademisi dari Hallym University, Kim Shindong menjelaskan jika Korean Wave telah meninggalkan kesan di Asia Tenggara seperti Indonesia.

Ia mengatakan pada dasarnya Korean Wave memberikan kesempatan bagi para penonton Indonesia untuk melihat pandangan umum tentang budaya Korea.

Promosi-promosi budaya Korea tersebut dirasakan jelas oleh masyarakat Indonesia. Dalam hasil disertasinya, Ketua Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Shuri Mariasih Gietty Tambunan mengatakan nilai-nilai yang diadopsi dalam drama Korea seperti kerja keras dan menghargai orang tua.

“Populernya budaya Korea di Indonesia tak lepas dari peran media sosial seperti Facebook. Mereka berbicara tentang drama Korea,” jelasnya.

AFP PHOTO / ED JONES Warga melintas di kawasan kelas atas Garuso-gil, Gangnam di Seoul, 29 Agustus 2015. Seoul kini menjadi jendela baru fashion di Asia. Perusahaan-perusahaan mewah top dunia tumbuh seiring dengan budaya pop Korea Selatan yang kian tren.
Korean Wave telah hadir sejak 10 tahun lalu sebagai jawaban atas permintaan drama Korea seperti Jewel in the Palace yang meningkat di Asia Tenggara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.