Kompas.com - 09/03/2016, 05:15 WIB
|
EditorIcha Rastika
TANJUNGPANDAN, KOMPAS.com - Pantai Tanjung Kelayang di Belitung bisa menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari total (GMT) pada Rabu (8/3/2016).

Hal itu didasarkan oleh bentuk tutupan lahan dan letaknya yang straregis.

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Tanjungpandan, sekitar 25 kilometer dari Jalan Pattimura/Pantai Tanjung Pendam.

Pemandu wisata program Dwidayatour Media Trip-Gerhana Matahari Total Belitung, Escape Jolly Barito mengatakan, Pantai Tanjung Kelayang lebih cocok menjadi tempat pengamatan gerhana karena hampir tidak tertutup daun-daun pohon.

"Di Tanjung Kelayang, bisa lebih bebas melihatnya. Kan terbuka tempatnya," ujar dia.

Selain itu, Pantai Tanjung Kelayang menghadap ke arah timur sehingga wisatawan dapat melihat gerhana matahari setelah proses matahari terbit.

"Jadi kan, posisi terbaik kalau langsung menghadap ke timur," Pantai Tanjung Kelayang berada di sisi utara Pulau Belitung.

Wisatawan dapat langsung pergi menuju Pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan mobil pribadi.

Di sana, wisatawan dapat menemukan batu-batu besar yang berada di pantai.

Pasir putih dan laut biru tenang serta pepohonan kelapa di pinggir pantai bisa menjadi daya tarik utama jika ingin melihat GMT di Belitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.