Ini Ciri Khas Rasa Pizza Andaliman Asal Toba Samosir

Kompas.com - 24/04/2016, 06:23 WIB
Pizza sajian dari Cafe Pizza Andaliman yang berada JL Tarutung, Km 1, Sangkar Ni Huta, Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara. TRIBUN MEDAN/ SILFA HUMAIRAHPizza sajian dari Cafe Pizza Andaliman yang berada JL Tarutung, Km 1, Sangkar Ni Huta, Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Italian style, Batak taste. Jargon tersebut tertulis di spanduk atas Cafe Pizza Andaliman yang berada Jalan Tarutung, Km 1, Sangkar Ni Huta, Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara.

Tampak bentuk dan hiasan atau bahan pelengkap dan hiasannya memang sama persis dengan pizza pada umumnya. Ada sosis, sayuran seperti tomat dan ditaburi keju.

Tapi rasa beda jauh, karena Pizza Andaliman diolah dengan rempah khas bumbu masak suku Batak, yakni andaliman.

Rempah andaliman yang digiling halus, kemudian irisan serai, potongan wartel, bungal kol, kacang panjang dan daun bawang, menjadi bahan utamanya.

Kemudian potongan sosis, irisan halus keju serta potongan tomat menjadi penghias atau pelengkap di bagian atas pizza.

Pizza unik ini dibuat dengan tepung terigu yang sehat, dan menggunakan topping sayur-sayuran yang mudah di dapatkan di pasar tradisional Balige.

Berbeda dengan pizza pada Italia yang kebanyakan topping sayurannya yang berasal dari sayur impor dan sulit ditemukan di pasar.

Andaliman sendiri menjadi bumbu masak paling mudah dicari jika anda ke kota Balige. Pasalnya, bumbu ini digunakan sebagai penyedap masakan suku Batak.

Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan Andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan.

Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun rasa cukup kuat di lidah sehingga menimbulkan sensasi kelu atau pedar di lidah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X