10 Kuliner Jepang Wajib Coba di Festival Ennichisai Jakarta

Kompas.com - 15/05/2016, 10:00 WIB
Salah satu kuliner khas Jepang, yaitu ikasuga tayaki. Kuliner ini berbahan dasar cumi-cumi segar, yang panjangnya mencapai 20 centimeter. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaSalah satu kuliner khas Jepang, yaitu ikasuga tayaki. Kuliner ini berbahan dasar cumi-cumi segar, yang panjangnya mencapai 20 centimeter.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Ennichisai kembali di gelar di Jakarta. Festival yang merupakan kali ketujuh ini diselenggarakan mulai pada 14-15 Mei 2016.

Lokasinya di Pelataran Blok M Square, tahun ini festival kebudayaan Jepang terbesar di Indonesia tersebut digelar lebih meriah dari sebelumnya. Tahun ini, festival tersebut menyediakan lebih dari 150 stan di sepanjang area festival.

Ratusan stan tersebut berisikan pernak-pernik, suvenir, dan tentunya berbagai kudapan khas Jepang yang sudah familiar dengan lidah orang Indonesia. Mulai dari takoyaki yang populer di kalangan anak muda, udon, ramen, hingga sake, minuman fermentasi tradisional Jepang.

Jika berkunjung ke Festival Enninchisai ini hidung Anda akan dimanjakan dengan wanginya berbagai masakan berbahan dasar hewan laut. Hidangan khas Jepang memang identik dengan hewan-hewan laut seperti ikan, gurita, dan cumi-cumi.

Asap pun mengepul di jalanan seolah menarik pengunjung untuk mampir dan mencicipi lezatnya racikan bumbu Jepang tersebut.

Dari pengamatan KompasTravel berbagai kudapan tersebut dijual dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 10.000 untuk takoyaki isi empat, hingga Rp 50.000 untuk sebotol sake. KompasTravel pun mencoba berbagai hidangan yang menggugah selera tersebut, di antaranya Yakitori dan Matcha.

Selain itu masih banyak lagi jenis lainnya, berikut KompasTravel rangkum berbagai jajanan Jepang yang bisa Anda dapatkan bersama dengan harganya.

Takoyaki, jajanan khas Jepang berbentuk bola ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan muda di Indonesia. Anda dapat membeli berbagai varian rasa di acara ini, seperti octopus cheese, chilli octopus, ataupun hanya keju. Untuk satu porsinya dihargai Rp 10.000 – Rp 15.000 isi empat, Rp 18.000 untuk isi enam.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Sate Jepang Yakitori yang di jajakan di sekitar Blok M Square memiliki tiga pilihan daging, yaitu daging ayam, sapi, dan pork atau babi.
Taiyaki, kue bertekstur seperti waffle yang dibentuk seperti ikan, dan berisikan aneka rasa. Di Enninchisai 2016 banyak yang menjual kue tersebut dengan varian isi mulai kacang merah, coklat, hingga keju, dengan harga Rp 15.000.

Ramen pun tak ketinggalan, seperti jigoku dan shoyu ramen seharga Rp 35.000. Jigoku sendiri merupakan ramen yang menggunakan bumbu pedas, sedangkan shoyu lebih terasa asin dan manis.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X