Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Kampung Halaman, Jangan Lupa Berwisata

Kompas.com - 03/07/2016, 19:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran setiap tahun biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk kembali ke kampung halaman. Bersama keluarga tercinta untuk merayakan momen-momen Lebaran di kampung halaman adalah salah satu tujuan mudik.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Reko Esti Astuti mengatakan, momen Lebaran kali ini merupakan liburan dengan jangka waktu yang terbilang lama. Ia menyarankan, masyarakat yang melakukan mudik untuk mencoba untuk berwisata di kampung halaman.

"Paling yang mau silahturahmi sehari dua hari. Seharusnya mereka melakukan, mengeksplor mulai destinasi, mencoba kuliner, cari kegiatan-kegiatan yang berlangsung," kata Esti kepada KompasTravel di Jakarta usai acara bersama, Kamis (30/6/2016).

Ia mengatakan, pada bulan Ramadhan dan libur Lebaran, biasanya terdapat acara-acara yang bisa dinikmati hanya pada saat-saat tersebut. Hal-hal yang berbentuk tradisi setelah Lebaran seperti perayaan ketupat bisa menjadi ide wisata yang menarik.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Banyaknya penyelenggaraan acara festival seni, budaya, dan kuliner mulai menghidupkan kawasan Kota Lama di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/9/2015). Upaya meramaikan kawasan Kota Lama yang telah dilakukan banyak komunitas ini mulai banyak menarik investor.
"Misalnya di Solo itu ada festival khusus dalam rangka lebaran. Namanya Festival Pesona Pasar Tadisional. Itu kan kegiatan unik yang bisa dinikmati atau dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman bagaimana pasar tradisional di sana sambil shopping, kuliner," jelasnya.

Esti juga menyarankan masyarakat bisa mencari hal-hal yang memiliki kearifan lokal yang bisa dipelajari saat mudik kampung halaman. Ia berharap dengan momen mengunjungi keluarga di kampung halaman saat Lebaran, masyarakat juga dapat berwisata menikmati segala kuliner, obyek-obyek wisata, hingga aktivitas-aktivitas yang ada di kampung halaman.

"Kami di Kementerian Pariwisata, memang kita dorong masyarakat untuk berwisata," imbuh Esti.

Adapun destinasi-destinasi yang berada di sepanjang jalur mudik Lebaran seperti Garut, Kuningan, Sukabumi, Bandung, Solo, dan lokasi-lokasi lain. Esti juga menambahkan, tak hanya di kampung halaman, masyarakat juga bisa mampir sejenak untuk menikmati sajian kuliner maupun obyek wisata di tempat-tempat di sekitar jalur mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com