Kompas.com - 13/07/2016, 18:02 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

FARNBOROUGH, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia akan segera melengkapi fasilitas penerbangannya dengan internet dalam pesawat atau Wifi onboard.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan Telkomsel untuk mewujudkan hal itu. Ia meyakini fasilitas tersebut dapat dinikmati penumpang AirAsia Indonesia dalam waktu dekat.

"Saya belum tahu tanggal pastinya, tapi segera mungkin bakal diluncurkan," kata Tony, seusai menghadiri "World Airline Awards", di Farnborough International Airshow, Farnborough, Inggris, Selasa (12/7/2016).

Menurut Tony, AirAsia relatif sulit memberikan fasilitas Wifi onboard karena ada kebijakan dari pemerintah Indonesia yang mengharuskan maskapai menggandeng mitra lokal untuk menerapkan fasilitas tersebut.

"Tapi kami sedang mengupayakan dan dalam waktu dekat Anda bisa mengirim pesan BBM (BlackBerry Messenger) dari atas pesawat dengan tarif yang begitu murah," ujarnya.

Saat ini, layanan Wifi onboard dari AirAsia baru bisa didapatkan pada armada Malaysia AirAsia. Namun penumpang AirAsia tetap bisa menikmati layanan itu, pasalnya Malaysia AirAsia juga melayani rute dengan tujuan kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Layanan Wifi onbpard dalam armada AirAsia sudah dikembangkan sejak lima tahun yang lalu. AirAsia memutuskan untuk menggunakan peralatan Wifi yang dibuat sendiri, karena peralatan dari pihak ketiga dinilai terlalu mahal. Belum ada kepastian soal skema biaya tetapi AirAsia Indonesia berjanji akan memberikan fasilitas internet di atas pesawat dengan harga terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.