Kompas.com - 30/07/2016, 21:39 WIB
Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah menjadi KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRITaman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah menjadi "rumah" bagi 54 spesies ular.
|
EditorI Made Asdhiana

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Taman Nasional Sebangau adalah tempat Anda menyusuri sungai sambil melihat habitat satwa liar. Salah satu sungai yang melewati taman nasional ini bernama Koran, dan berwarna hitam akibat kandungan tannin yang tinggi.

Taman Nasional Sebangau masuk ke dalam tiga wilayah yaitu Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Palang Pisau. Hanya 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya, Anda bisa menyusuri Sungai Koran dan melihat beragam satwa seperti orangutan dan ular. 

KompasTravel mengunjungi Taman Nasional Sebangau beberapa waktu lalu. Berikut beberapa tips jika Anda ingin mengeksplor taman nasional nan eksotis ini. 

Waktu terbaik

Musim hujan adalah waktu terbaik menyambangi Taman Nasional Sebangau. Waktu terbaiknya adalah Desember-Februari. Tempat ini merupakan ekosistem rawa gambut, sehingga Anda bisa menjelajahnya menggunakan speedboat.

Anda bisa menyewa speedboat dari Desa Kereng Bangkirai, sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya. Saat musim kering, air rawa akan surut sehingga Anda harus trekking di beberapa tempat. 

Anda yang ingin melihat orangutan langsung di habitat aslinya, bisa menyusuri sungai ini pada sore hari. Mulai pukul 15.00 WIB, orangutan mengumpulkan dedaunan untuk dijadikan "kasur". Mereka tidur di lokasi berbeda setiap malam.

Hubungi langsung petugas Taman Nasional

Beberapa tour operator, terutama dari Kota Palangkaraya, menyuguhkan paket wisata ke TN Sebangau. Namun, cara paling baik adalah dengan menghubungi langsung pihak TN Sebangau.

Kantor Balai Taman Nasional Sebangau terletak di Jalan Mahir Mahar Km 1,2, Kota Palangkaraya. Petugas di kantor balai dengan senang hati akan menunjukkan rute mana yang sesuai dengan bujet dan lamanya perjalanan.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI "Jalur reptil" di TN Sebangau terletak di bagian belakang Pos Jaga Sungai Koran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.