Festival Danau Kelimutu Kembali Digelar

Kompas.com - 11/08/2016, 07:41 WIB
Danau Tiga Warna di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. JOKO DWI CAHYANADanau Tiga Warna di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

ENDE, KOMPAS.com - Festival Danau Kelimutu yang digelar Pemda Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur dan didukung Kementerian Pariwisata berlangsung selama sepekan, Rabu-Minggu, 10-14 Agustus 2016. Acara Festival Danau Kelimutu dipusatkan di lapangan Koni dan kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Dengan dimulainya acara sepekan Expo Kelimutu diharapkan dapat memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Ende dan event ini juga dapat menarik perhatian wisatawan berkunjung ke Ende. Semakin dilestarikan wisata budaya akan semakin disejahterakan masyarakat Ende," ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata M Iqbal Alamsjah, dalam pembukaan Festival Danau Kelimutu 2016, Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/8/2016).

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ende Marselinus Y W Petu mengatakan Ende sebagai destinasi yang wajib dikunjungi karena memiliki keajaiban dunia yaitu Danau Kelimutu. Selain itu, menurutnya Kabupaten Ende memiliki situs budaya sejarah sehingga harus menjadi tempat eksistensi untuk menjaga kebudayaan jejak historis.

Dalam sambutannya, Marselinus mengharapkan agar acara tahun ke depan harus lebih diekspos supaya bisa dinikmat wisatawan mancanegara.

Festival Danau Kelimutu merupakan event tahunan yang telah berlangsung lima kali. Sejumlah agenda festival menampilkan perlombaan budaya tari, lomba naro, parade karnaval budaya nusantara, lomba trekking menuju Kelimutu, pameran UKM dan kerajinan, serta ritual Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata sebagai penutupan acara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X