Kompas.com - 01/11/2016, 10:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

 YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Meski identik dengan gudeg dan bakpia, banyak tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. KompasTravel bersama rombongan "Take Me Anywhere 2" yang berkunjung ke Yogyakarta pada 14-16 Oktober 2016 lalu menyambangi beberapa restoran yang ciamik.

Warung Bumi adalah salah satu restoran yang menjadi highlight kunjungan kami waktu itu. Restoran ini terletak di Jalan Imogiri-Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Kabupaten Bantul. Warung Bumi menempati sebuah pendopo dengan beberapa kursi kayu panjang dan deretan kursi santai. 

(BACA: 5 Tempat "Selfie" Keren di Jogja ala "Take Me Anywhere 2")

Terletak di atas bukit, pemandangan dari Warung Bumi sungguh memanjakan mata. Lanskap indah Mangunan, yang terkenal oleh Kebun Buah dan Hutan Pinus-nya terhampar di depan mata. 

KOMPAS.COM/ARI PRASETYO Restoran ini terletak di Jalan Imogiri-Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Kabupaten Bantul. Warung Bumi menempati sebuah pendopo dengan beberapa kursi kayu panjang dan deretan kursi santai.
Hal yang menjadikan restoran ini patut dikunjungi adalah bahan-bahan organik yang digunakan. Warung Bumi sendiri merupakan bagian dari Bumi Langit Institute, sebuah komunitas berbasis lokal yang memproduksi aneka panganan dan kerajinan lokal. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam tiap masakan berasal dari sekeliling restoran. Menunya beragam mulai dari Nasi Campur, Nasi Goreng Kecombrang dengan Petai dan Teri, juga aneka camilan seperti Roti Desa Panggang dan Pisang Goreng.

Nasi yang digunakan tak sembarangan. Warnanya agak kekuningan, dan bertekstur agak kasar. Ini adalah unpolished organic rice yakni nasi pecah kulit. Asupan gizi nasi jenis ini 90 persen lebih bermanfaat dibanding nasi putih biasa.

Roti yang disajikan pun tak main-main. Warung Bumi membuat sendiri roti gandum dari bahan lokal. Hasilnya, bantalan roti yang renyah di luar dan empuk di dalam. Roti disajikan dengan aneka selai homemade seperti markisa-nanas, stroberi-murbei, dan kacang. 

Tiap Minggu pagi, digelar Pasar Organik yang menjajakan aneka bahan makanan organik. Meski begitu, selain hari Minggu, Anda juga bisa membeli aneka produk organik olahan lokal langsung di restoran Warung Bumi.

KOMPAS.COM/ARI PRASETYO Anda bisa membeli aneka produk organik olahan lokal di restoran Warung Bumi.
Untuk minuman, KompasTravel sangat merekomendasikan Kombucha. Ini merupakan fermentasi teh dengan jamur, yang mengubah gula menjadi minuman sehat. Ada pula Kefir, Mint Serai, juga Wedang Jahe dan aneka kopi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.