Kompas.com - 01/11/2016, 19:07 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hotel Santika Premiere Jogja berdiri megah di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 19, Kota Yogyakarta. Hotel ini menjadi salah satu favorit wisatawan karena letaknya persis di tengah kota. Hanya lima menit jalan kaki ke Tugu Jogja dan 10 menit jalan kaki ke Malioboro.

Namun, ada alasan lain mengapa Hotel Santika Premiere Jogja selalu disukai wisatawan. Beroperasi sejak 25 tahun lalu, Hotel Santika Premiere Jogja adalah salah satu pelopor green hotel alias hotel ramah lingkungan di Yogyakarta.

Beberapa penghargaan pun disandang, antara lain Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor dan peringkat 3 dalam Gebyar Green Hotel Award 2015 besutan Kementerian Pariwisata.

"Banyak hal yang dinilai agar sebuah hotel bisa masuk kriteria green hotel. Di Santika, salah satu yang menjadi nilai terbesar adalah sistem pembuangan panas dari pendingin udara," tutur Chief Engineer Hotel Santika Premiere Jogja, Setiana kepada KompasTravel, Selasa (1/10/2016).

KOMPAS.COM/ARI PRASETYO Hotel ini memiliki 148 kamar yang terdiri dari Deluxe Room, Executive Room, dan Premiere Room.

Pendingin udara di Hotel Santika Premiere Jogja, lanjut Setiana, awalnya menggunakan AC central. Namun sejak beberapa tahun belakangan, pihak hotel memanfaatkan teknologi Plate Heat Exchanger (PHE) untuk memanfaatkan pembuangan panasnya.

"Sekitar tujuh tahun belakangan menggunakan PHE. Jadi pembuangan panas dari AC central dialihkan untuk air panas yang digunakan di tiap kamar," jelas Setiana.

Ini berarti, pihak hotel tidak perlu menggunakan boiler serta membeli solar dan listrik untuk memanaskan air.

"Pada awalnya memang usahanya cukup besar, membuat instalasi dan motor sirkulasi. Namun dampak penghematan energinya terasa sampai sekarang," tambah Setiana.

Aspek lain yang menjadikan Hotel Santika Premiere Jogja ramah lingkungan adalah pemanfaatan air kolam renang.

"Air kolam renang kan rutin dibersihkan dan dibuang. Nah, kami gunakan bak penampungan untuk menyiram tanaman, dan lain-lain," paparnya. 

Hotel Santika Premiere Jogja juga aktif melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk warga sekitar. Antara lain, penanaman 700 pohon di Desa Kerug Munggang, Magelang dan sumbangan air bersih ke desa-desa di Dlingo dan Kabupaten Gunungkidul.

Hotel ini memiliki 148 kamar yang terdiri dari Deluxe Room, Executive Room, dan Premiere Room. Hotel Santika Premiere Jogja juga memiliki 8 meeting rooms, kolam renang, fitness center, ballroom, business center, serta spa dan restoran. WiFi gratis juga tersedia di tiap kamar.

Hotel Santika Premiere Jogja adalah hotel ke-5 dari Santika Indonesia Hotels and Resorts. Ini juga merupakan hotel ketiga dari Santika Premiere yang berbintang 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.