Jokowi Bukan Presiden Pertama dari Indonesia di Madame Tussauds Hongkong - Kompas.com

Jokowi Bukan Presiden Pertama dari Indonesia di Madame Tussauds Hongkong

Kompas.com - 19/11/2016, 17:14 WIB
MADAME TUSSAUDS HONGKONG Patung lilin Soekarno di Madame Tussauds Hongkong

KOMPAS.com - Presiden Jokowi adalah sosok yang terpilh untuk dijadikan patung lilin di Madame Tussauds Hongkong. Dalam polling yang digelar museum lilin tersebut, Jokowi mengalahkan sejumlah tokoh dunia seperti calon Presiden AS, Donald Trump dan Hillary Clinton.

Rabu (12/10/2016) yang lalu, tim dari Madame Tussauds Hongkong berkunjung ke Kantor Presiden untuk mengukur dan mengambil data lengkap tentang ukuran fisik Presiden Jokowi. Mulai dari warna kulit, warna rambut, bentuk wajah, ukuran gigi, bentuk tubuh, hingga ukuran kuku.

Tim tersebut mengambil foto Jokowi sebanyak 32 pose. Nantinya, pose yang akan dijadikan patung lilin adalah Jokowi yang sedang berjalan menggunakan kemeja putih dengan lengan digulung.

"Kami berharap ini akan membuat wisatawan Indonesia menjadi lebih bangga melihat sosok Presiden Jokowi yang dikagumi dapat berada di tengah-tengah tokoh pemimpin kenamaan dunia lainnya serta berinteraksi langsung dengan patung lilin tersebut di Madame Tussauds Hong Kong," ungkap Simon Wong, Regional Director South East Asia untuk Hong Kong Tourism Board kepada KompasTravel melalui surat elektronik yang dikirimkan baru-baru ini.

Rencananya, patung lilin Jokowi bisa dilihat di Madame Tussauds Hongkong pada musim panas tahun depan. Sambil menunggu kehadiran patung lilin Jokowi, sebenarnya wisatawan bisa melihat tokoh Indonesia lainnya.

Sebab, tokoh pertama dari Indonesia yang hadir di Madame Tussauds Hongkong adalah Soekarno. Presiden pertama RI tersebut resmi hadir di Madame Tussauds Hongkong pada Juni 2014. Soekarno menjadi bagian dari area Historical and National Heroes.

Dalam keterangan di Madame Tussauds Hongkong, tertulis Soekarno adalah proklamator kemerdekaan Indonesia dari Jepang pada 17 Agustus 1945. Soekarno juga membuat Pancasila, ditulis "Five Principles" yang merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, Soekarno juga ditulis memberikan dampak terhadap perdamaian dunia.

"Dari yang kami lihat pengunjung Indonesia sangat suka berinteraksi dengan patung lilin Presiden Soekarno dan bangga melihat tokoh legendaris dalam sejarah mereka hadir di Madame Tussauds Hong Kong," kata Simon.

MADAME TUSSAUDS HONGKONG Soekarno menjadi tokoh Indonesia pertama di Madame Tussauds Hongkong.

Madame Tussauds Hongkong

Madame Tussauds Hongkong terletak di Peak Tower, dan memiliki puluhan koleksi patung lilin. Mengutip situs resmi Madame Tussauds Hongkong, Kamis (13/10/2016), museum ini terbagi menjadi 10 area yaitu Hongkong Glamour, Royal Family, Historical and National Heroes, TV Studio, World Premiere, Kung Fu Zone, K-wave Zone, The Champions, Music Icons, dan Fantasy Kingdom.

Di area Hongkong Glamour, terdapat patung lilin para seleb asal Asia dan dunia seperti Robert Pattinson, Angelina Jolie, Brad Pitt, Louis Koo, Lang Lang, dan Huang Xiaoming. Di area Royal Family, wisatawan bisa bertemu dengan Her Majesty Queen Elizabeth II serta Duke of Edinburgh dan Princess Diana.

Di area Historical and National Heroes, hadir deretan patung lilin tokoh politik dan sejarah yang berpengaruh di dunia. Barack Obama, Xi Jinping, Peng Liyuan, Mahatma Gandhi, dan tentunya Presiden pertama RI yaitu Soekarno.

Area TV Studio memajang patung lilin para presenter televisi kenamaan dunia ntara lain Eric Tsang dan Sandra Ng. Area selanjutnya yakni World Premiere memajang patung lilin seleb-seleb "klasik" seperti Audrey Hepburn, Marilyn Monroe, juga Amitabh Bachchan.

Area Kung Fu Zone diramaikan oleh Jackie Chan, Michelle Yeoh, Donnie Yen, dan tentunya Bruce Lee yang legendaris. Pecinta K-Pop tak boleh ketinggalan menyambangi K-wave Zone, dengan deretan patung lilin Lee Jong-Suk, Kim Soo-Hyun, Nichkhun Horvejkul, Siwon Choi, dan Bae Yong Joon.

Area lainnya yakni The Champions memajang patung lilin para atlet ternama dan pemenang Olimpiade. Ada Liu Xiang, pebasket Yao Ming, juga pesepakbola David Beckham dan Cristiano Ronaldo. 

Di area Music Icons wisatawan bisa berfoto dengan para musisi ternama dunia. Taylor Swift, G.E.M, Lady Gaga, Teresa Teng, Miriam Yeung, dan Michael Jackson adalah beberapa di antaranya. 

Terakhir adalah area Fantasy Kingdom. Di sini, Anda bebas berfoto dengan sosok populer di layar kaca antara lain Hulk dan Iron Man.

Madame Tussauds Hongkong buka setiap hari. Harga tiket masuknya 255 dollar Hongkong (Rp 429.000) untuk dewasa, dan 185 dollar Hongkong (Rp 311.000) untuk anak-anak usia 4-12 tahun. Namun jika memesannya secara online lewat situs resmi Madame Tussauds Hongkong, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 40 persen untuk tiket masuk.


EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X