Jokowi Bukan Presiden Pertama dari Indonesia di Madame Tussauds Hongkong

Kompas.com - 19/11/2016, 17:14 WIB
Patung lilin Soekarno di Madame Tussauds Hongkong MADAME TUSSAUDS HONGKONGPatung lilin Soekarno di Madame Tussauds Hongkong
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Presiden Jokowi adalah sosok yang terpilh untuk dijadikan patung lilin di Madame Tussauds Hongkong. Dalam polling yang digelar museum lilin tersebut, Jokowi mengalahkan sejumlah tokoh dunia seperti calon Presiden AS, Donald Trump dan Hillary Clinton.

Rabu (12/10/2016) yang lalu, tim dari Madame Tussauds Hongkong berkunjung ke Kantor Presiden untuk mengukur dan mengambil data lengkap tentang ukuran fisik Presiden Jokowi. Mulai dari warna kulit, warna rambut, bentuk wajah, ukuran gigi, bentuk tubuh, hingga ukuran kuku.

Tim tersebut mengambil foto Jokowi sebanyak 32 pose. Nantinya, pose yang akan dijadikan patung lilin adalah Jokowi yang sedang berjalan menggunakan kemeja putih dengan lengan digulung.

"Kami berharap ini akan membuat wisatawan Indonesia menjadi lebih bangga melihat sosok Presiden Jokowi yang dikagumi dapat berada di tengah-tengah tokoh pemimpin kenamaan dunia lainnya serta berinteraksi langsung dengan patung lilin tersebut di Madame Tussauds Hong Kong," ungkap Simon Wong, Regional Director South East Asia untuk Hong Kong Tourism Board kepada KompasTravel melalui surat elektronik yang dikirimkan baru-baru ini.

Rencananya, patung lilin Jokowi bisa dilihat di Madame Tussauds Hongkong pada musim panas tahun depan. Sambil menunggu kehadiran patung lilin Jokowi, sebenarnya wisatawan bisa melihat tokoh Indonesia lainnya.

Sebab, tokoh pertama dari Indonesia yang hadir di Madame Tussauds Hongkong adalah Soekarno. Presiden pertama RI tersebut resmi hadir di Madame Tussauds Hongkong pada Juni 2014. Soekarno menjadi bagian dari area Historical and National Heroes.

Dalam keterangan di Madame Tussauds Hongkong, tertulis Soekarno adalah proklamator kemerdekaan Indonesia dari Jepang pada 17 Agustus 1945. Soekarno juga membuat Pancasila, ditulis "Five Principles" yang merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, Soekarno juga ditulis memberikan dampak terhadap perdamaian dunia.

"Dari yang kami lihat pengunjung Indonesia sangat suka berinteraksi dengan patung lilin Presiden Soekarno dan bangga melihat tokoh legendaris dalam sejarah mereka hadir di Madame Tussauds Hong Kong," kata Simon.

MADAME TUSSAUDS HONGKONG Soekarno menjadi tokoh Indonesia pertama di Madame Tussauds Hongkong.

Madame Tussauds Hongkong

Madame Tussauds Hongkong terletak di Peak Tower, dan memiliki puluhan koleksi patung lilin. Mengutip situs resmi Madame Tussauds Hongkong, Kamis (13/10/2016), museum ini terbagi menjadi 10 area yaitu Hongkong Glamour, Royal Family, Historical and National Heroes, TV Studio, World Premiere, Kung Fu Zone, K-wave Zone, The Champions, Music Icons, dan Fantasy Kingdom.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X