Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Jakarta-Mumbai - Kompas.com

Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Jakarta-Mumbai

Kompas.com - 12/12/2016, 18:03 WIB
Airbus A330neo Garuda Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari ini, Senin (12/12/2016) resmi melayani penerbangan Jakarta-Mumbai. Armada yang digunakan adalah Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 156 tempat duduk, terbagi menjadi 12 seats kelas bisnis dan 144 seats kelas ekonomi.

Kota Mumbai di India merupakan salah satu pusat perekonomian terpadat di dunia. Mumbai juga dinilai memiliki banyak pilihan konektivitas layanan penerbangan ke berbagai destinasi strategis di kota-kota besar di India.

"Bandara lnternasional Mumbai Chhatrapati Shivaji International Airport (CSIA) merupakan salah satu bandara dengan tingkat trafik penerbangan tertinggi di India. Dengan kapasitas penumpang yang mencapai lebih dari 32 juta penumpang setiap tahunnya, Chhatrapati Shivaii International Airport melayani lebih dari 90 destinasi penerbangan di seluruh dunia," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (12/12/2016).

Adanya rute Jakarta-Mumbai via Bangkok tersebut diharapkan dapat memperkuat konektivitas penerbangan antara Indonesia dan India. Khususnya ke Jakarta, Denpasar, Surabaya, dan Medan.

"Kini masyarakat di India dapat dengan mudah untuk mengakses penerbangan ke Indonesia melalui kota Jakarta, dengan waktu transit yang begitu singkat di Bangkok," ungkap Arif.

BACA JUGA: Mengapa Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung ke Mumbai?

Arif menuturkan, wisatawan India yang datang ke Indonesia pada tahun 2015 lalu mencapai 270.000 orang. Pada akhir 2016 jumlah turis dari India mencapai 350.000 orang.

Penerbangan Jakarta-Mumbai (via Bangkok) tersebut akan beroperasi tiga kali dalam seminggu. Pesawat GA 862 akan berangkat dari Jakarta pukul 05.55 WlB dan tiba di Bangkok pukul 09.25 waktu setempat. Pesawat akan berangkat dari Bangkok ke Mumbai pukul 10.20 waktu Bangkok, dan tiba di Mumbai pukul 15.00 waktu setempat.

Sebaliknya, untuk penerbangan Mumbai-Jakarta (via Bangkok) juga akan dilayani tiga kali dalam seminggu. Pesawat GA 861 akan berangkat dari Mumbai pukul 17.35 waktu setempat, dan tiba di Bangkok pukul 21.55 waktu setempat. 

Penerbangan dilanjutkan dari Bangkok pukul 23.35 waktu setempat, dan tiba di Jakarta pukul 03.15 WIB. 

Selain India, Garuda Indonesia juga melayani penerbangan dari Jakarta ke beberapa negara lainnya di kawasan Asia. Antara lain Singapura, Malaysia (Kuala Lumpur), Thailand (Bangkok), China (Beijing, Guangzhou, Shanghai), Korea Selatan (Seoul), Jepang (Tokyo, Osaka) dan Arab Saudi (Jeddah, Madinah).


EditorSri Anindiati Nursastri

Close Ads X