Kompas.com - 22/12/2016, 09:05 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan turis Muslim dari Timur Tengah hingga 400.000 orang pada tahun 2017.

"Untuk Timur Tengah kita targetkan 300.000 sampai 400.000 wisatawan. Market-nya Timur Tengah itu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan kepada KompasTravel seusai acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2016 Kementerian Pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Menurutnya, pasar turis Muslim mancanegara dari Timur Tengah berada di posisi ketiga berdasarkan prioritas. Riyanto mengatakan target pasar secara jumlah, pasar Asia menjadi nomor satu dan diikuti pasar Eropa.

"Timur Tengah itu (spending) lebih besar. Perlu awareness dan (turis Muslim) tak bisa langsung deal dan datang. Timur Tengah itu pasarnya yang high end dan mewah. Mereka datang berkeluarga dan biasanya mau shopping," tambahnya.

Riyanto mengatakan akan menawarkan destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara dari Timur Tengah yaitu Lombok, Jakarta, dan Sumatera Barat. Menurutnya, Sumatera Barat, Jakarta, dan Jawa Barat sendiri berstatus sebagai daerah yang sudah pasti dikunjungi oleh wisatawan dari Timur Tengah.

"Kita akan melaksanakan digital campaign yang terukur langsung bisa mendatangkan wisatawan. Pertama tetap digital, kedua kalau memang ada terlihat potensi wisatawan mancanegara yang datang ke kita, upayakan aksesibilitas langsung dari airlines," jelasnya.

Selain itu, Riyanto mengatakan Kementerian Pariwisata juga akan tetap melakukan promosi wisata halal di negara-negara Timur Tengah. Indonesia akan berpartisipasi dalam acara-acara yang menawarkan kegiatan Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Ada pun pasar-pasar penyumbang wisatawan Muslim yang diincar oleh Kementerian Pariwisata untuk wilayah Asia adalah Malaysia, China, Azerbaijan, dan Singapura, sedangkan untuk wilayah Eropa yaitu Rusia, Jerman, Perancis, dan Inggris.

Kementerian Pariwisata telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2017 sebanyak 15 juta wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.