Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke Puncak Bogor, Sandiaga: Jangan Sampai Ada Percaloan

Kompas.com - 08/04/2024, 19:35 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengunjungi kawasan wisata di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

Kunjungan Menparekraf untuk meninjau kesiapan jalur mudik dan destinasi wisata di kawasan tersebut.

Baca juga: Puncak Kepadatan di Jalur Puncak Diprediksi Terjadi H+1 Lebaran 2024

"Jalur Puncak ini selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan, tetapi juga jadi pilihan bagi pemudik terutama yang pengguna roda dua," ujar Sandiaga di Simpang Gadog, Ciawi, Senin (8/4/2024).

Oleh karena itu, peninjauan dilakukan untuk melihat langsung kesiapan wisata mulai dari fasilitas sarana prasarana, tempat parkir, kenyamanan, dan keamanan.

Menurutnya, seluruh prosedur operasional standar yang berkaitan dengan keamanan harus disiapkan di seluruh tempat wisata di wilayah itu.

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf juga menyoroti praktik percaloan dan pemalakan yang kerap terjadi di kawasan Puncak saat libur panjang.

Menparekraf pun meminta pihak-pihak pengelola wisata untuk mencegah praktik tersebut supaya pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Baca juga:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengunjungi tempat wisata Minimania, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengunjungi tempat wisata Minimania, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

"Kebersihannya dijaga, juga tempat parkirnya ditata dengan rapi, juga jangan sampai ada percaloan, jangan sampai ada pemalakan. Kita harapkan destinasi wisata ini sekitar Puncak ini untuk menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan," terangnya.

Sandiaga lalu menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor sudah mencapai sekitar 12,7 juta orang, sedangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) juga meningkat mencapai sekitar 500.000 orang.

Ia meminta pemerintah daerah serta pihak yang berwenang untuk menambah amenitas destinasi wisata baik hotel bintang maupun potensi wisata buatan alam dan budaya.

"Mudah-mudahan libur lebaran tahun ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak pada ekonomi masyarakatnya lebih luas. Kabupaten Bogor ini kaya akan potensi, harus didukung maju oleh bapak Pj Bupati (Asmawa Tosepu). Jalan menuju destinasi wisata terus kita berani terus semangat berkolaborasi," terangnya.

Baca juga: Terjebak Macet Parah Saat Mau ke Puncak Bogor, Motor sampai Berasap

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com