Kompas.com - 11/06/2017, 22:09 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sembari menanti azan Magrib berkumandang, mencari jajanan untuk berbuka adalah kegiatan yang menyenangkan.

Satu di antara pasar yang menjadi andalan warga Yogyakarta untuk mencari jajanan diantaranya adalah pasar sore Ramadan Kauman.

Di pasar yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini menyajikan berbagai macam kuliner, dan yang menarik perhatian adalah kue clorot.

Warna coklatnya yang menggoda membuat kue clorot selalu banyak peminatnya.

Berbahan dasar tepung beras dan dicampur dengan gula Jawa membuat kue ini memiliki tektur yang lembut dan kenyal, ditambah lagi rasa manis dari gula Jawa.

Kue clorot terbuat dari tepung beras dan gula Jawa dengan bentuk yang memanjang. Gula Jawa itulah yang membuat kue clorot berwarna coklat.
 
"Saya sudah lama jualan kue ini, setiap harinya selalu ramai yang mencari kue clorot," ucap Mardiyono (40), seorang penjual kue clorot.

Ia menjelaskan kue ini memang berbentuk memanjang dan dibungkus dengan daun kelapa, oleh karena itu namanya clorot.

ARSIP TRIBUNJOGJA.COM/Tris Jumali Mardiyono, seorang penjual kue clorot sedang membungkus pesanan dari pelanggan pasar Ramadan Kauman, Yogyakarta, Rabu (7/6/2017).
Ia menjual kue ini dengan harga Rp 1.000 per kuenya.

Risma Elyana (42), seorang pembeli mengatakan anaknya sangat menyukai jajanan tradisional ini.

"Mungkin karena bentuknya yang lucu, sama rasanya yang kenyal, jadi anak saya suka banget sama kue ini. Dia yang minta beliin," ujarnya. (Tribunjogja.com/Tris Jumali)

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.