Benarkah Pelaku Pemberian Alkohol Ke Satwa Jadi Duta Cisarua?

Kompas.com - 09/12/2017, 14:05 WIB
Kereta wisata yang melewati zona herbivora saat safari malam. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaKereta wisata yang melewati zona herbivora saat safari malam.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih ingat beberapa waktu lalu sempat viral video yang berisikan sekolompok anak muda di Taman Safari Indonesia memberikan minuman beralkohol kepada hewan di sana? Peristiwa tersebut terjadi pada sekitar pertengahan bulan November lalu. 

Atas kejadian tersebut, Manajemen Taman Safari Indonesia telah membuat laporan pidana ke Kepolisian Resor Bogor pada tanggal 16 November 2017.

“Berkenaan dengan hal itu, pihak Taman Safari Indonesia akan menghormati proses hukum yang berlaku sambil menunggu proses hukum dari Kepolisian terkait,” kata Direktur Taman Safari Indonesia (TSI), Jansen Manansang, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel (8/12/2017).

Nah, belakangan setelah video itu viral, kembali lagi anak muda tersebut membuat sebuah video hingga viral. Di dalam video tersebut, salah satu dari mereka mengatakan, “Hai aku artis Cisarua,” kata anak muda itu. Selain itu juga dalam video tersebut dia menuliskan “Duta Taman Safari”.

Terkait hal tersebut, Manajemen Taman Safari Indonesia, Jawa Barat mengklarifikasi bahwa pihak TSI tidak pernah melakukan komunikasi dengan sekelompok anak muda yang pernah memberikan minuman alkohol pada hewan-hewan di TSI.

“Atas hal ini, tidak benar berita yang menyebutkan telah ada perdamaian atau kesepakatan khusus antara Taman Safari Indonesia dengan para pelaku yang diduga melakukan tindak pidana tersebut. Perlu juga kami tegaskan bahwa para pelaku yang diduga melakukan tindak pidana tersebut, bukan merupakan Duta dari Taman Safari Indonesia dan tidak pernah ada penunjukan atau pembicaraan mengenai hal tersebut,” demikian keterangan tertulis yang diterima KompasTravel.

Adapun, video viral pertama kali, pemberian minuman beralkohol itu diabadikan akun Instagram @alyccaaa dan @philipbiondi, kemudian diunggah ulang akun @makrumpi dan @doniherdaru pada Selasa (14/11/2017) malam.

Video tersebut memperlihatkan dua turis, yaitu laki-laki dan perempuan, yang memberikan minuman yang diduga beralkohol kepada kuda nil dan rusa. Laki-laki berkacamata hitam itu terlihat meminum anggur merah, lalu menyemprotkannya ke kuda nil.

"Yeahhh. Jackpot!" teriak laki-laki itu sambil tertawa, diikuti juga oleh perempuan di sebelahnya.

Dalam video instastory Instagram tersebut diberikan tambahan teks "Jackpot". Dalam video juga diberikan penanda lokasi Taman Safari Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X